Banjarbaru – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalsel bakal mendistribusikan bantuan pembeku lateks untuk Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Tahun Anggaran 2021 di Provinsi Kalimantan Selatan. 

“Rencananya pendistribusian dilaksanakan dari tanggal 9 – 14 Desember 2021,” terang Kadisbunnak Kalsel drh Suparmi, Jumat (26/11). Dialokasikan sebanyak 150 ribu liter pembeku lateks akan di distribusikan kepada 166 UPPB di Kalimantan Selatan. 

“Sedangkan untuk alokasi pemberian bantuan pembeku lateks per UPPB dilihat dari luasan lahan yang dimiliki,” terang Suparmi.

Titik bagi untuk penyaluran pembeku lateks disepakati dilakukan di Dinas Kabupaten/Kota yang membidangi fungsi perkebunan. “Tim Teknis Kab/Kota bertugas melakukan pengawalan dan pendampingan pada saat serah terima pembeku lateks kepada UPPB,” jelasnya. Serah terima kepada UPPB harus dilengkapi dengan dokumen-dokumen pendukung yang telah ditetapakan sebelumnya dan foto dokumentasi yang mencantumkan tanggal dan titik koordinat. 

Sebelumnya Tim Teknis Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel telah mengikuti Sosialisasi Penyaluran Sarana Pengolahan Karet (Pembeku Lateks) secara daring, Kamis, (25/11) yang diselenggarakan oleh Direktorat  Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian.

Sosialisasi ini dilakukan sebagai persiapan serta koordinasi untuk Tim Teknis Provinsi, Kabupaten dan Kota sebelum melakukan proses penyaluran pembeku lateks. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here