Kantor PUPR Hemat Energi, Paman Birin Terima Penghargaan Subroto

0
220

Banjar – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI memberi Penghargaan Subroto kepada Pemprov Kalsel atas kinerja penghematan energi di kantor pemerintahan daerah, Senin (29/11) siang di Kiram Kabupaten Banjar. Penghargaan diterima langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang diserahkan Nyoman Puspa Dewi mewakili Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM RI. Diketahui, Pemprov Kalsel mengajukan program penghematan energi di Gedung Kantor Dinas PUPR Kalsel. Hasilnya, Gedung Dinas PUPR Kalsel meraih juara 3 nasional pada kategori gedung hemat energi.

Penghargaan bergengsi ini diberikan setiap tahun sebagai ajang apresiasi pemerintah pusat kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi melakukan konservasi energi.

Dalam sambutannya, Paman Birin mengapresiasi kinerja jajaran PUPR Kalsel yang berhasil menjalankan program hemat energi. Penghargaan Subroto ini adalah keempat kalinya diraih Pemprov Kalsel sejak kepemimpinannya.

“Semoga dengan raihan ini, gedung kantor Dinas PUPR Kalsel dapat menjadi teladan bagi SKPD lainnya pada tahun mendatang,” kata Paman Birin.

Ia meminta agar setiap penghargaan yang diraih Pemprov Kalsel tak cuma sekadar simbol. “Kita harus benar membuktikan bahwa penghargaan bukan cuma simbol, jangan sampai minta penghargaan tapi seharusnya penghargaan itu diraih karena memang pantas mendapatkan nilai terbaik,” katanya.

Hal  ini tentu lebih berarti bagi pemerintah atau masyarakat secara keseluruhan.

“Pemprov kalsel juga terus berupaya mentransformasikan ketergantungan dari energi tak terbarukan kepada dengan energi terbarukan,” katanya.

Sementara Puspa Dewi mengatakan Penghargaan Subroto merupakan apresiasi bidang efisiensi energi.

“Kami dari Ditjen energi baru terbarukan dan konservasi energi mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Pemprov Kalsel yang berhasil juara 3 kategori penghematan energi gedung pemerintah,” kata Puspa.

Gedung Dinas  PUPR Kalsel dinilai baik oleh para juri sehingga dapat diterapkan di instansi lainnya. “Diharapkan juga nanti tiap kantor pemerintahan memiliki auditor energi dan manajemen energi,” kata Puspa. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here