Kalsel Catat Kemajuan di Sektor SDM dan Lingkungan Hidup

0
162

Banjarbaru – Provinsi Kalimantan Selatan mencatat kemajuan cukup berarti di sektor pembangunan SDM (sumber daya manusia) dan kualitas lingkungan hidup. Hal ini terungkap dalam paparan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di hadapan peserta Musrenbang 2021 dalam rangka penyusunan RPJMD Kalsel 2022-2026, Rabu (1/12/2021) di Gedung Idham Chalid Banjarbaru.

Di sektor pembangunan SDM, yang ditunjukkan dalam indeks pembangunan manusia (IPM) terlihat grafik peningkatan jika dibandingkam tahun awal RPJMD 2016-2021.

“Pada tahun 2020 IPM Kalsel tercatat 70,91 sementara pada 2016 hanya di angka 69,05,” kata Paman Birin.

Di sisi lain, capaian pembangunan Kalsel yang paling menggembirakan selama lima tahun terakhir adalah di sektor lingkungan hidup. “Pada tahun 2020, indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH) Kalsel tercatat di angka 68,43. Hal ini untuk pertama kalinya IKLH Kalsel berada di atas angka nasional yang tercatat di angka 66,55,” papar Paman Birin.

IKLH (Indeks Kualitas Lingkungan Hidup) merupakan gambaran atau indikasi awal yang memberikankesimpulan cepat dari suatu kondisi lingkungan hidup pada lingkup dan periode tertentu.

Di akhir paparannya, Paman Birin meminta capaian ini harus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. “Sehingga dapat mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan,” pungkas Paman Birin. 

Turut hadir dalam Musrenbang 2021 ini, Wagub Muhidin, Sekda Roy Rizali Anwar, Kepala Bappeda Nurul Fajar Desira, unsur Kepala SKPD, ketua DPRD Kalsel Supian HK, pemerintah kabupaten/kota, Perguruan tinggi, instansi vertikal, Bappenas RI, Kementerian LHK, dan lainnya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here