Pemprov Kirim Bantuan Via Kapal AL Ke Pulau Sembilan 

0
157

Banjarbaru – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) berkoordinasi dengan Dinsos Kotabaru bergerak cepat membantu korban tanah longsor di Desa Maradapan Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru. 

“Dinas Sosial Kotabaru telah mengirimkan bantuan tanggap darurat setelah kejadian tanah longsor melalui kapal KRI Angkatan Laut, karena tidak bisa melalui darat dan lokasi yang jauh,” kata Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani, usai menghadiri Musrenbang Kalsel di Banjarbaru Rabu (1/12) tadi.

Bantuan dikirim menggunakan KRI Kelambau menuju lokasi longsor pulau sembilan yang memakan waktu sekitar 8 jam dari kotabaru.

Bantuan yang diserahkan terdiri dari Beras 30 sak, Mie instan 30 dus. Kemudian bantuan sebanyak 32 paket  berisi Kopi, teh celup, sarden kaleng, susu, minyak goreng, gula.

Sementara itu, Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinsos Kalsel, Achmadi mengatakan Satgas Tanggap Darurat yang terdiri atas gabungan instansi terkait dan relawan telah diberangkatkan menggunakan KAL Kelambau milik LANAL Kotabaru.

Tim gabungan yang terdiri dari 30-an orang itu dilepas oleh Sekretaris Daerah dan Forkopimda Kotabaru pada Rabu (1/12/2021) pukul 08.00 WITA.

“Menempuh perjalanan laut sekitar 8 jam, tim gabungan sampai di Pulau Maradapan pada pukul 16.10 WITA, kemudian personel gabungan dan logistik bantuan dipindahkan dari KAL Kelambau menuju Balai Desa Maradapan menggunakan perahu nelayan,” ucap Achmadi.

Sesampainya di darat, tim langsung melakukan asesmen wilayah dan menurunkan logistik bantuan yang terdiri dari bahan pangan, dan bersama masyarakat setempat menyiapkan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pangan warga dan petugas. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here