Kemenag Pantau Kesiapan MTQ Nasional 29 di Kalsel

0
155

Banjarmasin – Setahun sebelum pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX, Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kementerian Agama (Kemenag) RI meninjau persiapan yang dilakukan Kalimantan Selatan (Kalsel) selaku tuan rumah.

“Ini meninjau persiapan awal terkait dengan persiapan MTQ tahun 2022 di Kalsel, kami juga memastikan SK panitia, termasuk juga persiapan konsep,” ujar Direktur Penerangan Islam Kementrian Agama RI, Syamsul Bahri, di Banjarmasin, Kamis (2/12/2021).

Syamsul berharap, pelaksanaan MTQ Nasional XXIX nantinya dapat berjalan dengan lancar dan aman, sehingga event keagamaan berskala nasional itu dapat memberikan kesan bagi seluruh kafilah dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Kita juga mengevaluasi, sehingga memungkinkan MTQ di Kalimantan Selatan ini adalah MTQ yang betul sukses dan meriah,” harap Syamsul.

Sebagaimana sejarah pelaksanaan MTQ Nasional, di tahun 1970 silam, Kalsel pernah menjadi tuan rumah dengan pusat kegiatan di Banjarmasin. Di tahun depan, MTQ Nasional XXIX rencananya akan dipusatkan di Kabupaten Banjar.

“Ini artinya bahwa sesungguhnya Kalsel merupakan provinsi yang sudah memiliki suasana batin tentang perMTQan. Oleh karena itu, generasi sekarang ini generasi kedua untuk meneruskan semangat para leluhurnya mengembangkan tilawatil Qur,an di bumi Kalimantan Selatan,” ucap Syamsul.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Sekretariat Daerah Kalsel, Fathurrahman, mewakili Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, menjelaskan perkembangan persiapan MTQ Nasional XXIX, seperti lokasi dan seremonial acara.

Pelaksanaan MTQ Nasional XXIX di Kalsel ini dilaksanakan di tiga daerah, Kabupaten Banjar, Banjarbaru dan Banjarmasin. Dukungan untuk menyukseskan perhelatan tingkat nasional ini terus dilaksanakan, sehingga betul-betul MTQ tahun depan dapat dirasakan dan dapat menjadikan media silatuhrahmi di tingkat nasional antar umat Islam,” kata Fathurrahman. MC Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here