Banjar – Objek wisata Bukit Batu Riam Kanan di Dusun Sungai Luar, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, belakangan waktu digandrungi pelancong lokal.

Bukan tanpa alasan, kawasan yang satu ini menawarkan pemandangan  berupa hamparan perbukitan dan Waduk Riam Kanan yang memiliki luasan hingga 8.000 hektare.

Lutfiati, salah satu pengunjung dari Banjarbaru mengatakan destinasi ini bisa pilihan alternatif ketimbang harus bepergian ke luar daerah.

“Spot nya semakin bagus dan dipersolek, apalagi sekarang sudah dibuat jalan mobil atau motor Ke puncak bukit namun belum diaspal,”’katanya, baru- baru tadi.

Jalan di sekitar bukit batu yang melingkar mengelilingi kawasan itu juga sedang dibangun, walau belum diaspal. Kemudian di puncak bukitnya juga sedang dibangun semacam gazebo tempat istirahat.

Selain itu jalan menuju Bukit Batu Sungai Luar juga tak terlalu becek karena sedang dilakukan pengerasan jalan dari Awang Bangkal Timur.

Sebelumnya, akses menuju Bukit Batu hanya bisa ditempuh melalui jalur air menggunakan Waduk Riam Kanan dengan memakan waktu selama 40 menit.

Namun belakangan, destinasi wisata Bukit Batu banjir peminat lantaran kawasannya sudah memiliki akses jalan darat seiring dibangunnya jalan poros Banjar-Batulicin. 

“Jadi ada dua pilihan. Bisa pakai jalur air, bisa pakai darat. Mudah-mudahan ke depan akses ke sini bisa segera diaspal semuanya sih ya. Biar makin banyak yang berkunjung,” katanya.

Pemerintah Provinsi Kalsel sudah membuka kembali kawasan ini untuk publik usai sebelumnya ditutup karena pandemi. Pembukaan destinasi Bukit Batu seiring dioperasikannya kembali Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here