Kalsel Siapkan Status Tanggap Darurat Bencana

0
280

Banjarbaru – Pemerintah Provinsi Kalsel tengah menyiapkan Surat Keputusan Tanggap Darurat Bencana oleh Gubernur Kalsel Terhitung sejak 3 Desember 2021. Hal ini diungkap oleh Kepala BPBD Kalsel Mujiyat, Senin (6/12) usai mengikuti apel gabungan di Setdaprov Kalsel. 

Menurutnya kebjjakan status tanggap darurat bencana akan  ditetapkan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. “Kebijakan diambil usai dua  Kabupaten yaitu Hulu Sungai Tengah Dan Hulu Sungai Utara /Mengeluarkan Pernyataan Tanggap Darurat Bencana Akibat Banjir Yang Melanda Sejumlah Kawasan tersebut,” ungkap Mujiyat.

Ia Mengatakan Pihaknya Saat Ini Telah Menyiapkan Surat Keputusan Pemberlakuan Tanggap Darurat Bencana Terhitung Tanggal 3 Desember 2021. “Usulan Pemberlakuan Tanggap Darurat Ini Menyusul Keluarnya Pernyataan Serupa Dari Kabupaten HST dan HSU Akibat Banjir Dan Tanah Longsor Yang Terjadi Di Sejumlah Titik Di Kabupaten Tersebut,” katanya.

Menurut Mujiyat Apabila SK Tersebut Sudah Disetujui Maka Pihaknya Akan Memiliki Pedoman Dalam Bekerja. “Demikian Pula Dengan Anggaran Bisa Dikeluarkan Untuk Meringankan Beban Masyarakat Akibat Bencana,” ujarnya.

Meski Begitu Gubernur Kalsel Sudah menginstruksikan untuk Mengerahkan Satu Unit Eksavator Dan Tim Reaksi Cepat Yang kini Telah  Bertugas Di Lokasi Terdampak Banjir. Tim Ini Juga Dibekali Dengan Mobil Operasional Dan Perahu Karet Dan Bertugas Dalam Jangka Waktu 15 Hari Hingga Kondisi Benar – Benar Pulih.

Terkait Cuaca Ekstrem Yang Kemungkinan Masih Akan Terjadi Hingga Akhir Desember Dan Awal Tahun. Mujiyat Menghimbau Masyarakat Agar Tetap Waspada Karena Cuaca Masih Diguyur Hujan Jangan Lengah Serta Peka Akan Tanda – Tanda Alam. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here