Banjir Rob Banjarmasin diperparah hujan dan angin kencang

0
335

Banjarmasin – Kota Banjarmasin masih dilanda banjir rob hingga pada Rabu (8/12) dinihari sekitar pukul 02.00. Bahkan kali ini diperparah dengan hujan dan angin kencang. Sejumlah kawasan tergenang air mulai jalan pemukiman hingga rumah warga.

Terpantau air meluber ke pemukiman di kawasan Kelayan, Alalak, Kuin, Pengambangan, Jl Perdagangan Belitung, Basirih, Antasan, Sei Miai, Teluk Dalam, Sei Jingah dan berbagai daerah di bantaran sungai lainnya.

Banjir rob terjadi menyebar di berbagai titik lima kecamatan di Kota Banjarmasin. 

Akibat angin kencang di beberapa kawasan juga terjadi Travo meledak atau kabel menyala. Seperti di kawasan HKSN, Bumi lingkar Basirih, serta perdagangan dekat bundaran.

Jamil, warga Kelayan B Gang Serasi mengatakan banjir rob memuncak pada tengah malam. “Kalau siang biasanya surut,” ujar Jamil kepada Jejakbanua.com.

Banjir rob di Banjarmasin diketahui sejak Minggu (5/12) malam kemaren. Sehingga hingga saat ini sudah memasuki hari ketiga.

Diperkirakan banjir akibat air pasang laut atau banjir rob sehingga menyebabkan sungai yang mengalir di kota Banjarmasin meluap.

Sementara Pemerintah Provinsi Kalsel saat ini tengah menyiapkan Surat Keputusan Tanggap Darurat Bencana Terhitung sejak 3 Desember 2021. Hal ini diungkap oleh Kepala BPBD Kalsel Mujiyat, Senin (6/12) usai mengikuti apel gabungan Pemprov Kalsel.

Menurutnya kebjjakan status tanggap darurat bencana akan  ditetapkan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. “Kebijakan diambil usai dua  Kabupaten yaitu Hulu Sungai Tengah Dan Hulu Sungai Utara Mengeluarkan Pernyataan Tanggap Darurat Bencana Akibat Banjir Yang Melanda Sejumlah Kawasan tersebut,” ungkap Mujiyat. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here