Tel Aviv Kota Termahal Dunia 2021

0
158

Tel Aviv di Israel dinobatkan sebagai kota paling mahal di dunia tahun 2021, di tengah naiknya inflasi dan persoalan rantai pasok yang mendorong makin mahalnya biaya hidup secara global.

Kesimpulan ini didapat Economist Intelligence Unit (EIU) yang menghimpun data dan menyusun daftar biaya hidup lebih dari 170 kota di seluruh dunia. 

Untuk kota termurah, predikat ini diduduki oleh Damaskus, ibu kota Suriah, yang berjarak hanya 200 kilometer dari Tel Aviv. Dalam satu dekade terakhir, kota ini porak-poranda akibat perang saudara. 

Survei yang dilakukan EIU juga menunjukkan Paris dan Singapura sama-sama berada di urutan kedua daftar kota termahal di dunia, disusul oleh Zurich dan Hong Kong.

Kemudian, New York, Jenewa, Kopenhagen, Los Angeles, dan Osaka melengkapi 10 kota termahal di dunia.

Naiknya Tel Aviv menjadi kota termahal tahun ini disebabkan oleh nilai mata uang shekel yang naik terhadap dolar Amerika, membuat biaya hidup di kota ini menjadi lebih mahal.

Shekel menguat antara lain karena kesuksesan Israel menjalankan program vaksinasi Covid-19, kata EIU.

Surplus neraca berjalan, daya tarik investor teknologi luar negeri, dan fundamental ekonomi yang kuat menyebabkan kokohnya nilai mata uang Israel

Dibandingkan kota-kota lain, harga alkohol, ongkos transportasi, barang-barang konsumsi, dan biaya rekreasi lebih tinggi. Dari sini saja sudah cukup membuat Tel Aviv mengalahkan biaya hidup di Paris.

Sumber : berita ini telah ditayangkan di BBC.Com

Foto : Reuters

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here