Lumbung Sosial Disiapkan Di Candi Laras Utara

0
219

Tapin – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Sosial bekerjasama dengan Kementerian Sosial RI kembali akan bangun Lumbung Sosial di Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin. “Direncanakan akan dibangun lumbung sosial di Kantor Kecamatan Candi Laras Utara,” kata Kadinsos Kalsel melalui Kasi PSKBA Achmadi, Minggu (12/12) kepada jejakbanua.com.

Rencananya selain kebutuhan pokok berupa makanan dan sembako, lumbung sosial di Candi Laras Utara ini bakal diisi juga dengan peralatan Genset, water treatment,tenda, logistik makanan dan sebagainya.

“Isi lumbung sosial sama dengan yang kita dirikan di HST, nanti juga disiapkan anggota Tagana di sana,” kata Achmadi.

Pendirian lumbung sosial di Candi Laras Utara Tapin ini untuk  mempercepat penanganan tanggap darurat bilamana terjadi bencana. “Tanggap darurat untuk bantuan pemenuhan kebutuhan dasarnya,” kata Achmadi. 

Pendirian lumbung sosial saat ini dalam proses pengadaan dan apabila lengkap segera di distribusikan ke kecamatan. “Saat ini sedang dalam proses pengadaan isi lumbung sosial, bila sudah lengkap maka segera dikirimkan dan diserahterimakan ke pemerintah setempat,” jelas Achmadi.

Lumbung sosial adalah tempat penyimpanan logistik tanggap darurat bencana bagi warga terdampak bencana dan sebagai upaya pendekatan bantuan darurat bencana digaris terdepan. 
Sebagaimana diketahui saat ini di banjir rob masih terjadi di Candi Laras Utara. Ada 13 desa yang Terdampak banjir rob kali ini.

Sebelumnya, Joko Darmono selaku Direktur PSKBA Kemensos RI sewaktu pendirian lumbung sosial di tiga kecamatan HST, mengatakan Dengan adanya lumbung sosial maka bantuan tanggap darurat bagi korban bencana bakal lebih cepat terdistribusikan. “Jadi bila ada bencana lagi, kita lebih cepat bergerak untuk mendistribusikan bantuan ke para pengungsi,” ujar Joko.

Lumbung sosial berisi bahan makanan, non makanan, obat obatan, genset, serta buffer stock. “Paling tidak dengan adanya lumbung sosial, bantuan tanggap darurat akan mengawali bantuan selanjutnya yang akan datang,” ujar Joko. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here