Banjarbaru – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor memberikan apresiasi kepada 37 sekolah yang telah meraih penghargaan Adiwiyata 2021. Apresiasi diberikan dalam bentuk piagam penghargaan dan hadiah berupa bak sampah terpilah yang diserahkan Gubernur Kalsel,  Senin (13/12) siang di halaman Kantor DLH (dinas lingkungan hidup) Kalsel, Banjarbaru.

Dalam arahannya Paman Birin mengatakan Pemprov Kalsel mengapresiasi peran serta pecinta lingkungan hidup yang terlibat dalam penilaian Adiwiyata 2021. “Penghargaan Adiwiyata merupakan  wujud kecintaan dan kepedulian kita semua terhadap lingkungan khususnya di sekolah-sekolah,” kata Paman Birin.

Ia pun berharap agar para guru dapat mengajarkan siswa akan kepedulian lingkungan sekaligus merawat budaya bersih dan sehat. “Wujud peduli dan kecintaan akan lingkungan juga diwujudkan dalam kurikulum berbasis lingkungan,”katanya.

Paman Birin juga meminta sekolah menyediakan tempat sampah terpilah organik dan non organik. “Didik siswa untuk tak buang sampah sembarangan, kalau tak menurut ditegur,” harapnya.

Siswa juga perlu dikampanyekan menanam pohon untuk mengikat tanah sebagai bentuk nyata peduli lingkungan sekaligus investasi jangka panjang. “Diharapkan siswa dapat menerapkan kepedulian lingkungan bukan hanya di sekolah tapi juga di lingkungan masing2,” harap Paman Birin.

Sementara Kadis LH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan penghargaan Adiwiyata tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi Gubernur Kalsel terhadap sekolah yang peduli akan lingkungan. 

“Ada 37 sekolah penerima Adiwiyata tahun 2021, mulai tingkat SD/MI, SMP/Tsanawiyah, dan SMA/SMK/Aliyah, mereka berasal dari berbagai kabupaten/kota seperti Banjarmasin, Banjar, dan Tapin,” terang Hanifah. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here