Pelaihari – Bupati Tanah Laut (Tala) yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Tala H. Hairul Rijal menegaskan jika camat selaku kepala wilayah, mempunyai peran penting dalam penanggulangan bencana di daerahnya.
Hal itu Ia sampaikan pada kegiatan Rapat Koordinasi Camat se-Kabupaten Tala, di Basecamp Gunung Birah Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan, Senin (13/12/2021).
Menurutnya camat terutama yang bertugas di daerah rawan bencana harus membagi tugas dan berperan aktif dalam penanggulangan bencana, agar penanggulangan bencana dapat dilakukan dengan terorganisir.
Hairul Rijal pun berharap musibah banjir dan tanah longosr yang melanda Kabupaten Tala pada awal tahun 2021 lalu tidak terulang kembali, “Semoga banjir besar seperti tahun kemarin tidak terjadi lagi, apalagi beberapa wilayah pesisir kita saat ini terkena air laut yang naik ke permukaan (ROB) dan saat ini memasuki musim penghujan,”ujarnya.

Ia juga menambahkan apabila ada musibah atau bencana camat harus langsung tanggap melaporkannya ke Badan Perencanaan Penanggulangan Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) sehingga bantuan segera datang, “Segera laporkan jika ada kejadian kebencanaan jangan sampai masyarakat kita kelaparan, Insyaallah pemerintah daerah langsung turun tangan dalam penanggulangan bencana, jangan sampai kepala desa atau masyarakat sendiri yang melapor karena camat memiliki taugas dan tanggungjawab yang lebih,”ungkap Hairul Rijal.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here