Martapura – banjir akibat luapan sungai dan tingginya intensitas hujan belakangan ini mulai Mengenangi sejumlah wilayah di Kabupaten Banjar, Rabu (15/12) dinihari.

Pantauan jejakbanua.com untuk wilayah Kecamatan Martapura  yang mulai digenangi air adalah kawasan Tunggul Irang, Bincau, Tambak Baru, Pingaran Ilir dan Pingaran Ulu serta beberapa titik lainnya.

Selain itu dilaporkan puluhan Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir pasang atau banjir rob di Desa Pengaron Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar, Rabu (15/12) dinihari. Banjir rob atau air pasang akibat sungai Riam Kiwa meluap.

Meski demikian, warga yang rumahnya terdampak banjir pasang itu masih bertahan di tempat tinggal mereka.

Untuk ketinggian air sekitar 140 sentimeter dari permukaan tanah, atau lutut orang dewasa.

Data BPBD Banjar menyebutkan sebanyak Delapan wilayah kecamatan yang terdampak banjir, yaitu  di Sungai Pinang, Sambung Makmur, Pengaron, Mataraman, Martapura Timur, Martapura Barat, Gambut dan Aluh-Aluh dengan ketinggian beragam hingga mencapai satu setengah meter.

Tak hanya sekedar menggenangi perumahan warga, banjir yang terjadi juga mengakibatkan satu jembatan yang merupakan akses jalan masuk ke Kecamatan Pengaron terputus akibat derasnya arus banjir. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here