Banjarbaru-  Dinas Kehutanan Prov Kalsel hadir dalam Program acara yang diselenggarakan Duta TV terkait Fokus Group Discussion (FGD) dengan mengusung tema “Potensi Kredit Karbon di Kalimantan Selatan” melalui virtual zoom meeting. Kamis pagi, (16/12).

Program acara yang dipandu oleh Syaifudin tersebut dihadiri langsung oleh Plt. Kadishut Prov Kalsel Fathimatuzzahra dengan sapaan akrabnya ‘Aya’ sebagai narasumber ditemani Alip Winarto selaku Kasi Pemanfaatan dan Perencanaan Tata Hutan dan Arifuddin selaku Kasi perencanaan,pemanfaatan dan tata hutan

Dalam paparannya dengan judul meneropon perdagangan karbon Kalimantan selatan Fathimatuzzahra memaparkan kaitan Sektor Kehutanan dengan Program Revolusi Hijau terhadap emisi gas rumah kaca “ kita ketahui karbon terbanyak itu tersimpan didalam pohon, otomatis dengan kita mempertahankan  keberadaan pohon tegakan dan meminimalisi tebangan pohon, kemudian mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan otomatis secara langsung kita akan meningkatkan cadangan karbon yang ada didalam pohon” kata, Fathimatuzzahra.

Fathimatuzzahra juga menambahkan bahwa Gerakan Revolusi Hijau adalah sebuah PERDA yang diterbitkan oleh Provinsi Kalimantan Selatan “yaitu Perda nomor 7 tahun 2018 tentang Gerakan Revolusi Hijau, intinya yang dimaksud dengan  Gerakan Revolusi Hijau itu adalah kita semua menggerakkan semua komponen masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon” kata Fathimatuzzahra.

Acara Fokus Group Discussion (FGD) dengan mengusung tema Potensi Kredit Karbon di Kalimantan Selatan  yang diikuti juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov Kalsel Hanifah Dwi Nirwana, dan Kepala Bappeda Prov Kalsel Nurul Fajar Desira bertujuan untuk menemukan kesepahaman kaitannya dengan Potensi Kredit Karbon di Kalimantan Selatan, acara ini menghadirkan cannot speaker dari Prof. Ahmad Kurnain Guru Besar FAPERTA ULM. (Olf/dishut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here