Kandangan – Setelah sebelumnya menyerahkan bantuan sembako untuk warga daha yang terdampak luapan sungai di Nagara, Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (Wabup HSS) Syamsuri Arsyad, S.AP, MA kembali meninjau beberapa titik lokasi terdampak banjir di Kecamatan Daha Selatan. Senin (20/12/2021)

Wabup HSS didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kab. HSS Tedy Soetedjo, ST, MT, mendatangi langsung beberapa desa di Kecamatan Daha Selatan, mulai dari Desa Pihanin Raya, Desa Tumbukan Banyu, dan Desa Sungai Pinang.

Terlihat beberapa ruas jalan dan juga beberapa rumah warga tergenang luapan air banjir yang diperkirakan menyentuh tinggi dua meter.

Di sela-sela peninjauan, Wabup HSS mengatakan bahwa di tiga titik yang hari ini telah ditinjau kondisinya sangat memerlukan penanganan secara segera dan pasca banjir mendatang.

“Penanganan yang sekarang perlu kita lakukan adalah masalah kedalaman air, jadi nanti kita akan bikin titian yang pastinya mempermudah aktivitas masyarakat seperti untuk menurunkan dan menaikkan kendaraan, dan juga untuk masyarakat berjualan, hal tersebut yang akan kita diskusikan di tingkat pemerintah desa” ucap Wabup.

Lebih lanjut Wabup mengatakan bahwa beberapa ruas jalan mengalami penurunan karena tergerus.

“Kalau bahasa kita di sini tahantak, yang mana hal itu disebabkan jalan yang dulunya kering kini basah akibat banjir. Kami juga melihat jalan yang berlubang dengan ukuran yang cukup besar, hal tersebut pastinya akan membahayakan warga yang melintas” ucapnya.

Wabup HSS juga menuturkan bahwa Pemkab HSS tidak akan membiarkan hal ini terus terjadi.

“Ini akan menjadi perhatian kita semua, dan pasca banjir nanti Dinas PUTR Kab. HSS sudah merencanakan solusi dalam menangani jalan yang mengalami penurunan dan juga kerusakan” tuturnya.

Wabup juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang terdampak banjir agar selalu memperhatikan keselamatan dan kesehatan sebaik mungkin.

“Kepada masyarakat HSS yang saat ini sedang terdampak banjir agar bersabar dulu, karena keadaan ini bukan hal yang kita inginkan. Tetap waspada dalam beraktivitas dan yang pasti jaga kesehatan apalagi kita masih dalam keadaan Pandemi Covid-19 ditambah dengan bencana banjir yang kini sedang kita hadapi, dan teruntuk masyarakat yang memiliki anak kecil agar diperhatikan sebaik mungkin jangan sampai nanti ada korban tenggelam” himbau Wabup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here