Kandangan – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry resmikan pemanfaatan lumbung pangan pada Gapoktan Maju Bersama Desa Karasikan Kec. Sungai Raya, Selasa, (21/12).

Turut serta dalam peresmian tersebut Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, Sekda HSS Drs, H. Noor, M.AP, Kepala BPS HSS, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Camat Sungai Raya serta para anggota kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan Maju Bersama.

Pembangunan lumbung pangan dan sarana pendukungnya ini merupakan bantuan melalui DAK Tahun 2021 yang dialokasikan untuk Gapoktan Maju Bersama Desa Karasikan berupa lantai jemur, Rice Malling Unit (RMU) dan Rumah RMU.

Bupati HSS H. Achmad Fikry mengharapkan pembangunan lumbung pangan ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi petani meskipun pembangunan lumbung pangan ini merupakan penantian panjang sejak di usulkan dari tahun 2015 dan baru terealisasi di tahun 2021 ini.

Bupati juga menginginkan lumbung pangan ini sebagai tempat menyimpan atau menstok padi menunggu harga jual tinggi apalagi dengan konsep diolah menjadi beras terlebih dahulu baru di jual akan semakin nilai jualnya. “ini yang kami harapkan usaha keras petani selama ini, lelah berkeringat dan sebagainya harus bisa terbayarkan dengan peningkatan pendapatan” katanya.

Bupati berpesan bangunan yang diserahkan oleh pemerintah ini agar dijaga dirawat dipelihara dengan sebaik-baiknya jangan sampai sebentar di pakai sudah rusak. Selain itu karena lumbung pangan ini digunakan untuk penggilingan padi maka segala tarif dan ketentuan lainnya hendaknya di bicarakan dengan kelompok tani lainnya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. HSS H. Akhmad Mawardi mengatakan lumbung pangan ini merupakan usulan masyarakat sejak tahun 2015 yang lalu. Baru di tahun 2021 melalui dana DAK bisa dibangunkan namun untuk mendapatkan dana DAK ini masyarakat terlebih dahulu harus menghibahkan tanahnya.

Selain peresmian lumbung pangan, dalam kegiatan tersebut juga di lakukan penandatanganan kerja sama antara Dinas Ketahanan Pangan dengan Ojek And Food Kandangan untuk pendistribusian bahan pangan pokok Toko Tani Indonesia (TTI). Kerja sama ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat tidak harus datang ke TTI melainkan cukup meng klik aplikasi atau WA ke Ojek Food Kandangan. Ojek Food ini yang datang ke TTI membeli sesuai pesanan lalu di antar ke konsumen dan tentunya harga lebih dari harga pasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here