Jalan Lingkar Awang Bangkal Tembus ke Batulicin Diaspal 2 Kilometer 

0
436

Banjar – Pemprov Kalsel melalui Dinas PUPR melaksanakan pekerjaan pengerasan dan pengaspalan jalan di Lingkar Awang Bangkal yang terletak di Desa Awang Bangkal Timur Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar. Pengaspalan dimulai dari titik nol di jembatan beton Awang Bangkal Timur hingga sepanjang 2 kilometer.

Untuk paket pekerjaan pengaspalan jalan Lingkar Awang Bangkal ini dibiayai melalui APBD Perubahan Kalsel tahun 2021. “Pagu anggaran untuk pekerjaan ini  sekitar Rp 7 Kilometer,” kata Kadis PUPR Kalsel melalui Kabid Bina Marga M Yasin Toyib, Selasa (21/12).

Ditargetkan pengaspalan jalan di Lingkar Awang Bangkal ini selesai pada akhir tahun 2021. Diketahui jalan lingkar Awang Bangkal merupakan rencana  jalan bebas hambatan (JBH) antara Awang Bangkal menuju Kecamatan Mantewe hingga Kota Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. 

Jalan bebas hambatan antara Awang Bangkal – Mantewe tersebut sepanjang 160 kilometer. Namun bila dihitung dari Bundaran Simpang Empat Banjarbaru menuju Mantewe sepanjang 180 Kilometer.

Saat ini untuk pembukaan jalan sudah seluruhnya namun kondisi jalan masih berupa tanah merah sehingga sulit dilewati kecuali menggunakan trail atau mobil double gardan.

Dinas PUPR Kalsel melakukan pengaspalan secara bertahap. Tahap pertama dilakukan pengaspalan sepanjang 2 kilometer di jalan lingkar Desa Awang Bangkal tersebut.

Diharapkan dengan dilaksanakan pengaspalan jalan tersebut maka masyarakat diminta tak melalui jalan itu dengan muatan melebihi beban kapasitas yang ditentukan. “Harapannya dengan adanya pengaspalan jalan di lingkar Awang Bangkal ini dapat meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat sekitarnya,” kata Yasin. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here