Banjarmasin – Puluhan event pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel) yang tercantum dalam Calender of Event (CoE) tahun 2022 mendapat antusias cukup tinggi dari para pelaku usaha pariwisata (buyer) di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada sesi forum bisnis (table top) bulan November lalu.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kalsel, M Syarifuddin pun bersyukur 64 event yang terangkum dalam CoE 2022 disambut baik buyer dari luar Kalsel.

“Semoga melalui forum bisnis tersebut, pariwisata Kalimantan Selatan semakin dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Senin (20/12/2021).

Syarifuddin meyakini, empat event nasional seperti MotoGP, Superbike Mandalika, Asia Talent, dan balapan mobil pada tahun 2022 nanti berpotensi mendatangkan ratusan ribu wisatawan mancanegara ke NTB.

Tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut, Dispar Kalsel bersama Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Kalsel pun telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan ASITA NTB terkait promosi paket wisata Kalsel.

“Dengan MoU tersebut kita berharap sebagian dari tamu wisatawan mancanegara yang datang ke NTB nanti juga bisa berkunjung ke Kalsel. Sepuluh ribu saja dari tamu wisatawan mancanegara tersebut nanti yang datang ke Kalsel, kita sudah sangat bersyukur,” tutur Syarifuddin.

Lebih jauh Syarifuddin menjelaskan, pada table top November lalu, Dispar Kalsel menghadirkan sejumlah maskapai penerbangan, untuk membuka peluang rute penerbangan langsung dari NTB ke Kalsel.

“Pada kegiatan table top kemarin kami juga mengundang maskapai seperti Lion Air, City Link, dan Air Asia dengan harapan mereka mau membuka penerbangan langsung dari Lombok ke Banjarmasin, apalagi maskapai Lion Air yang beberapa tahun lalu pernah membuka penerbangan Lombok-Banjarmasin, semoga itu bisa dibuka kembali,” pungkasnya. Ary/MC Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here