Banjarmasin – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaui Dinas Kesehatan Kalsel terus berupaya keras penuhi capaian vaksinasi di Kalsel dengan menyiapkan sentra-sentra vaksinasi.

Adapun sentra vaksinasi yang disediakan yaitu di halaman Kantor Dinkes Kalsel, halaman Kantor Samsat I Kilometer 6, Q Mall Banjarbaru, dan Bappelkes. 

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan untuk mempercepat capaian vaksinasi, pihaknya membuka beberapa sentra tempat vaksinasi yang ada di Kabupaten/Kota.

“Ini upaya pro aktif serta inisiatif dari Pemprov Kalsel untuk meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten/Kota. Dimana masih ada yang cakupan vaksinasinya rendah,” kata Muslim, Kamis (23/12/2021).

Berdasarkan data presentasi cakupan vaksinasi di Kabupaten yang masih rendah yakni Kabupaten Banjar, namun saat ini sudah mulai bergerak dan dalam sehari mampu capai 1,5 sampai 2 persen per hari. 

Dari semula hanya 22 persen saat ini sudah dua kali lipat meningkat menjadi 48 persen. ”Mudahan-mudahan dapat ditingkatkan lagi sehingga bisa mencapai target,” ungkapnya. 

Selain meningkatkan cakupan vaksin, Muslim menghimbau agar masyarakat tidak memilih-milih vaksin. Karena semua jenis vaksin yang disediakan pemerintah sudah berstandar dan direkomendasikan BBPOM.

“Semua vaksin yang ada memiliki kemampuannya masing-masing. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu memilih-milih vaksin,” ujarnya.

Ia menjelaskan, semua vaksin memiliki tujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan COVID-19. 

“Semua vaksin memiliki tujuan sama yaitu kekebalan tubuh. Vaksin juga sudah melalui uji secara klinis berdasarkan rekomendasi BBPOM,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here