Marabahan – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Barito Kuala (Batola) melaksanakan penggalangan aksi donor darah. Kegiatan yang digelar bersama Dinas Kesehatan ini berlangsung di RSUD H Abdul Azis Marabahan, Kamis (23/12/2021).
Donor yang dilakukan petugas tranfusi darah RSUD H Abdul Azis Marabahan dibantu relawan PMI ini dilaksanakan dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-62 Batola yang jatuh pada tanggal 4 Januari 2022 nanti.
Dalam memotivasi masyarakat agar bersedia mendonorkan darahnya pihak PMI Batola sengaja menyediakan sembako sebagai imbalan.
Aksi sosial yang disaksikan langsung Ketua PMI Batola H Rahmadian Noor dan Kadiskes Batola dr Hj Azizah Sri Widari serta Direktur RSUD H Abdul Azis Marabahan dr H Fathurrahman ini untuk pertama disediakan 50 kantor pendonor.
Ketua PMI Batola yang juga Wakil Bupati H Rahmadian Noor mengemukakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan dalam rangkaian Peringatan Harjad ke-62 Batola.
“Penggalangan ini untuk kemanusiaan dan alhamdulillah ternyata cukup banyak yang ikut mendonorkan darahnya,” katanya didampingi Kadiskes Hj Azizah Sri Widari dan Direktur RSUD H Abdul Azis dr H Fathurrahman.
Sebenarnya, urai Ketua PMI Batola yang akrap disapa Rahmadi ini, penggalangaan donor darah ini merupakan program tahunan terhadap para relawan dalam upaya membantu kebutuhan darah dari rumah sakit guna berbagai kebutuhan seperti operasi dan lainnya.
Karenanya ia mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk kesediaannya mendonorkan darah mengingat hal itu sangat berguna bagi yang membutuhkan. Sementara bagi pendonor sendiri di samping bernilai ibadah juga berdampak positif untuk kesehatan.
“Setelah didonorkan darah akan berganti dengan sel yang baru sehingga sangat berdampak positif untuk kesehatan pendonor,” tutur Rahmadi yang diiyakan Kadiskes, Azizah Sri Widari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here