Gubernur Kalsel Anggarkan Bonus Atlet dan Pelatih Berprestasi di PON dan Peparnas Papua, Total Rp 49 M

0
588

Banjarmasin – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Hermansyah memastikan bonus bagi atlet Kalsel peraih medali di ajang PON XX Papua dan Peparnas (pekan paralimpik nasional) XVI Papua tahun 2021 akan segera dicairkan. Kepastian tersebut disampaikan Kadispora Kalsel Hermansyah dalam konferensi pers di Kantor Dispora Kalsel, Banjarmasin Rabu (28/12/2021) siang.

Bonus tersebut akan segera diberikan kepada yang atlet dan pelatih berprestasi di ajang nasional setelah pengesahan APBD Kalsel 2022 oleh DPRD Kalsel.

“Dispora sudah menyusun formasinya, ini akan segera kita serahkan, tinggal menunggu pengesahan dari DPRD,” kata Hermansyah didampingi sejumlah pejabat Kabid di lingkup Dispora Kalsel.

Menurutnya, penyerahan bonus akan dilakukan langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. “Nanti akan ada prosesi acara penyerahan bonus sekaligus pembekalan dari Gubernur Kalsel kepada para atlet yang menerima bonus,” kata Hermansyah.

Diproyeksikan, dana akan dapat dicairkan pada Januari 2022 mendatang. “Diperkirakan pada bulan Januari 2022 dapat diserahkan karena sudah disahkan anggarannya oleh DPRD Kalsel,” kata Hermansyah.

Dijelaskannya, peraih medali emas PON maupun Peparnas mendapatkan 300 juta rupiah untuk perorangan dan 350 juta rupiah untuk beregu.

Berikutnya peraih medali perak mendapatkan 150 juta rupiah untuk perorangan dan 200 juta rupiah untuk beregu. 

Sedangkan peraih medali perunggu mendapatkan 75 juta rupiah untuk perorangan dan 100 juta rupiah untuk beregu.

Tak hanya atlet, bonus juga akan diberikan untuk pelatih yakni sebesar 50 persen dari raihan medali atlet dan asisten pelatih mendapat 25 persen.

“Total anggaran yang telah kita siapkan sebesar 49 miliar rupiah pada 2022. Setelah APBD disahkan, nanti akan segera dicairkan,” ucap Hermansyah.

Lebih lanjut, Hermansyah mengatakan bahwa Gubernur Kalsel sangat mengapresiasi perjuangan para atlet sehingga menaikkan jumlah bonus dibandingkan PON maupun Peparnas sebelumnya di Jawa Barat.

“Ini adalah sebuah penghargaan dari pemerintah provinsi Kalsel, khususnya Paman Birin yang menginginkan bonus ini bisa memberikan efek positif bagi kemajuan olahraga di Kalsel,” ujarnya. Ary

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini