Warung Pinggir Banyu Ramai Pengunjung, Wisata Kuliner di Desa Mekar

0
509

Martapura – Wisata kuliner “Warung Pinggir Banyu” yang berlokasi di tepian sungai di Desa Mekar Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, sudah ramai dikunjungi oleh warga untuk makan malam atau hanya sekedar nongkrong untuk menikmati secangkir kopi racikan barista handal yang mereka miliki.

Husin misalnya, yang sengaja datang bersama keluarga untuk menikmati kopi dan pizza yang menjadi salah satu menu andalan warung ini. Dirinya mengaku menu yang disajikan cukup enak, terlebih akan suasananya yang cukup nyaman, karena ditepian sungai, membuat ia betah berada disana.

” menunya boleh juga, suasananya mantap,” ujarnya.

Di warung yang dibuka resmi pada Rabu 29 Desember 2021 tersebut memang beda dari warung kebanyakan. Warung ini sengaja di desain sedemikian rupa untuk menarik perhatian pengunjung. Seperti meja saji dengan miniatur perahu atau jukung, serta adanya perahu sungguhan yang disiapkan disamping warung untuk pengunjung melakukan susur sungai Martapura.

Owner Warung Pinggir Banyu Fitri mengatakan, dibuatnya warung ini terinspirasi akan banyaknya perempuan yang bisa bikin aneka kuliner didesa ini dan berupaya untuk membuka lapangan kerja buat mereka.

” para pekerja diwarung ini juga warga setempat, sehingga bisa meningkatkan perekonomian mereka, ditambah anak-anak muda yang berjiwa sosial dari personil BPK, juga ada disini,” katanya.

Selain itu, keberadaan warung juga dimaksudkan sebagai upaya mengembalikan fungsi sungai.

” Sekarang sudah jarang terlihat ada perahu di sungai ini, sekarang kami menyediakan perahu kapal wisata namanya, yang bisa dimanfaatkan untuk pengunjung susur sungai, lengkap dengan shefty jaket pelampung,” tambahnya.

Untuk menu yang disajikan diwarung ini cukup beragam, mulai dari aneka kue hingga aneka masakan untuk makan siang dan makan malam. Fitri menyebut ada masakan khas Banjar seperti soto Banjar.

” Kita memiliki cita rasa karakter yang beda, pokonya khas Banjar banget,” ujarnya lagi.

Sementara untuk menu panggangan Banjar juga beda, terutama pada sambalnya yang sangat khas.  Selain itu ada juga masakan arab (arabia food) hingga pizza.  Tak kalah menariknya, 3 barista siap meracik kopi lokal untuk para penikmat kopi.

” 3 barista yang kami miliki, siap memberikan yang terbaik untuk para penikmat kopi, kita pakai kopi lokal Martapura, jadi ada kopi bajahe dan kopi  bapudak,” jelasnya.

Fitri juga punya rencana kedepannya untuk memperbanyak perahu yang ada, dimana nantinya bisa digunakan para pengunjung untuk menyusuri sungai hingga ke pasar terapung.

” Rencana sampai 5 buah, ke pasar terapung Lokabaintan atau ziarah keberbagai lokasi bisa kita layani,” ujarnya optimis.

Fitri juga berharap, andil pemerintah daerah juga sangat diharapkan untuk menjadikan lokasi ini semakin menarik, terutama pada jembatan yang berada diatas warung.

” kalau dipasang lampu jembatan di atas ini mungkin semakin cantik, jadi semakin menarik,” pungkasnya. (RSBanjar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here