Banjar – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel menggelar kegiatan media gathering yang dilaksanakan di Tahura Sultan Adam Mandiangin Kabupaten Banjar, Rabu (29/12). Kegiatan diisi dengan paparan terkait sinergitas pembangunan lingkungan hidup Kalsel. Narasumber adalah  Kepala DLH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana, Kabag Komunikasi Pimpinan Biro Adpim Kalsel Widi Gunawan, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmi,  Erlinda Puspitaningrum mewakili  Diskominfo Kalsel serta Ketua IJTI Dina Qomariah. Kegiatan juga diisi dengan diskusi seputar pembangunan lingkungan hidup sejumlah wartawan dari berbagai media di Kalsel.

Kadis TPH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana merasa senang dengan melaksanakan giat media gathering ini. Pasalnya kegiatan pembangunan lingkungan hidup perlu dipublikasikan kepada masyarakat agar pesan  dapat tersampaikan dengan baik.

“Karena itu kita perlu peran media untuk membantu menyampaikan narasi pembangunan lingkungan hidup kepada masyarakat sekaligus kita ingin ada kritik agar menjadi bahan pembelajaran kita dalam membuat kebijakan,” kata Hanifah, dalam pemaparan dihadapan para jurnalis Kalsel.

Dalam rangka pembangunan lingkungan hidup tak bisa hanya dikerjakan sendiri, melainkan lintas sektor lintas wilayah. “Karena itu selain bersinergi dengan SKPD lain, juga perlu membangun sinergi dengan media, agar kampanye peningkatan kualitas lingkungan hidup dapat diikuti masyarakat,” kata Hanifah.

Kunci utama pembangunan lingkungan hidup letaknya adalah pada perubahan perilaku masyarakat terhadap lingkungan hidup sekitarnya. Hanifah juga minta wartawan dapat memantau perilaku buang sampah sembarangan khususnya di lingkup perkantoran Pemprov Kalsel.

Capaian pembangunan. Lingkungan hidup Kalsel sejauh ini cukup signifikan.  Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Kalsel pada di tahun 2021 mengalami peningkatan mencapai 70,90 persen lebih, dari sebelumnya yang hanya di angka 68,43 persen.

“Terakhir, Saran dan kritik dari para wartawan sangat diperlukan agar ke depannya penyampaian informasi dan tampilan dalam kanal media sosial Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalsel menjadi lebih baik lagi,” kata Hanifah 

Ketua PWI Kalsel Zainal Helmi dalam pemaparannya mengatakan perlunya sinergi antara DLH Kalsel dengan media dalam rangka menyampaikan narasi informasi terkait pembangunan  Namun disamping itu disarankan DLH Kalsel membentuk kanal saluran informasi sendiri baik itu platform media sosial maupun website.

Sementara Erlinda Puspitaningrum dari Dinas Kominfo Kalsel mengatakan Diskominfo siap bersinergi dalam rangka melaksanakan tugas kehumasan di lingkup Pemprov Kalsel. 

Ketua IJTI Kalsel Dina Qomariah juga mengungkapkan media gathering ini sebagai sarana silaturahmi ajang saling kenal dan bertukar informasi terkait peran media dalam pemberitaan pembangunan di Kalsel khususnya di bidang lingkungan hidup.Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here