Bank Sampah Kenanga MIKA Raih Penghargaan Pengelolaan Sampah 2021

0
145

Banjarmasin – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel melaksanakan kegiatan pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba pengelolaan sampah berbasis masyarakat tahun 2021, Jumat (31/12) di Banjarmasin. 

Lomba diikuti oleh 4 Kabupaten/Kota yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut. Penilaian dilakukan oleh tim penilai tediri dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Komunitas Gerakan Ramah Lingkungan Zero Waste Kalimantan Selatan dan Bank Sampah Induk.

Ada 9 Bank Sampah yang dinilai di 4 Kabupaten/Kota tersebut antara lain:

1. Kota Banjarmasin 4 Bank Sampah,

2. Kota Banjarbaru 2 Bank Sampah,

3. Kabupaten Banjar 1 Bank Sampah, dan

4. Kabupaten Tanah Laut 2 Bank Sampah.

Dari hasil penilaian oleh tim penilai didapatkan pemenang lomba pengelolaan sampah berbasis masyarakat tahun 2021 yaitu:

1. Pemenang I, Bank Sampah Kenanga (MIKA) Kota Banjarmasin,

2. Pemenang II, Bank Sampah Idola Tungkaran Kabupaten Banjar, dan

3. Pemenang III, Bank Sampah Khalid Kota Banjarbaru.

Kadis LH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana menjelaskan indikator penilaian diantaranya terkait keberadaan bangunan bank sampah, jumlah nasabah, SOP dan pengelolaan kapasitas sampah masuk dari nasabah, lingkungan sekitar bank sampah hingga cashflow bank sampah.

“Bank Sampah MIKA (Madrasah Ibtidaiyah Kenanga) Kota Banjarmasin berhasil menyabet sebagai pemenang I,” ujar Hanifah.

Penghargaan ini tak lepas dari keberhasilan mereka dalam mengelola bank sampahnya dalam waktu tak terlalu lama. Bank sampah MIKA pernah mendapatkan penghargaan sebagai juara I pengumpul sampah daur ulang terbanyak hingga 400 Kg. 

Bank sampah MIKA ditunjuk sebagai Agen BNI 46 yang mempunyai program Ayo Menabung dengan Sampah. “Setiap setoran sampah dari nasabah yang telah ditimbang dan disepakati harga konversinya akan ditransaksikan langsung ke Bank BNI,” terang Hanifah. Selain itu para nasabah juga bisa membayarkan PDAM, listrik, token, pulsa, dll dengan menggunakan sampah melalui layanan Agen BNI 46 di Bank Sampah MIKA.

“Lomba Bank sampah ini sebagai penggerak inovasi masyarakat dalam pengelolaan sampah berdampak positif terhadap kesadaran lingkungan masyarakat,” kata Hanifah. 

Pengaruh yang dirasakan oleh masyarakat tidak hanya pada meningkatnya kesadaran terhadap kelestarian lingkungan, namun secara ekonomi dan kapabilitas nasabah dan anggota bank sampah juga meningkat. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here