Masjid KH Abdul Qadir Hasan Ditambah Fasilitas Parkir dan Taman

0
175

Banjarbaru – Keberadaan Masjid KH Abdul Qadir Hasan atau dikenal dengan nama Masjid Bambu di Kiram Kecamatan Kabupaten Banjar semakin dipersolek. Sejak awal dibuka untuk umum, selain tempat beribadah, masjid ini menjadi spot untuk disinggahi wisatawan karena bentuknya yang unik.

Dinas Perkerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi (PUPR) Kalimantan Selatan pada akhir tahun 2021 telah menyelesaikan pekerjaan pembuatan pagar terhadap Masjid Bambu Kiram tersebut.  “Pembangunan  pagar pengaman, tempat parkir dan taman telah dirampungkan pada akhir 2021, sesuai dengan target waktu pekerjaan,” kata Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel Agung Dewanto kepada jejakbanua, baru-baru tadi.

Pembangunan pagar dimaksudkan sebagai batas lahan masjid sekaligus keamanan. Sementara taman dan tempat parkir untuk menambah fasilitas bagi warga yang beribadah di Masjid Bambu tersebut.

Usai penyelesaian pembangunan pagar, taman serta tempat parkir masjid tersebut langkah berikutnya akan dibuat kepengurusan masjid melalui SK Gubernur Kalsel. “Kepengurusan itu akan melibatkan masyarakat setempat,” kata Agung.

Adapun pengelolaannya nanti akan sama dengan pengelolaan Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin. 

Pembangunan Masjid Bambu Kiram terlaksana pada tahun 2020 lalu. Arsiteknya mirip sebuah kapal dengan sentuhan khas seperti Masjid Sultan Suriansyah di Kuin Utara Banjarmasin.

Bangunan Masjid didominasi dengan bahan bambu yang didatangkan dari luar daerah.

Sementara terkait penamaan Masjid KH Abdul Qadir Hasan sebagai bentuk penghormatan kepada ulama di Kabupaten Banjar. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here