Banjarmasin – Dalam rangka memajukan pariwisata di Banua, Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Selatan (Kalsel) berkomitmen meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata melalui lebih banyak program pelatihan pada tahun 2022 mendatang.

Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin, mengatakan pelatihan nantinya berupa pembelajaran terkait penerapan sapta pesona dengan tujuh konsep yakni memberi rasa keamanan, ketertiban, kebersihan kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan.

“Pelatihan ini sangat penting untuk memajukan kepariwisataan terutama di 13 kabupaten/kota. Selama tahun 2021 ini sektor pariwisata sangat terdampak terhadap penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM baik level tiga dan level empat, sehingga banyak kegiatan tidak terealisasi secara maksimal,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Jumat (31/12/2021).

Syarifuddin menuturkan, pada tahun 2022 mendatang pihaknya juga akan mengajukan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) ke Kemenparekraf RI yang akan difokuskan untuk pelatihan peningkatan SDM di Kalsel.

“Programnya telah kami susun, kami juga akan mengajukan DAK ke Kementerian. Semoga diterima, sehingga pelaksanaan program pelatihan kami bisa lebih optimal,” pungkas Syarifuddin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here