Banjarbaru – Usai Kalsel berhasil mencapai target vaksinasi lebih dari 70 persen sesuai arahan Presiden Jokowi, kini Pemprov Kalsel menyasar percepatan vaksinasi kaum lansia. “Setelah capaian vaksinasi I lebih  70 persen, kita menargetkan percepatan vaksinasi Lansia sebesar 60 persen,” kata Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar, usai rapat Pesiapan MTQ Nasional 2022 di Banjarbaru.

Menurutnya target tersebut merupakan arahan dari pemerintah pusat. Namun terkait batasan waktu untuk mencapai vaksinasi lansia sebesar 60 persen tersebut, Roy mengaku belum tahu pasti.

“Belum ada arahan target waktu sampai kapan namun yang  pasti kita akan melakukan percepatan vaksinasi Lansia,” kata Roy.

Untuk itu ia mengharapkan adanya strategi dan kolaborasi untuk memenuhi target vaksinasi Lansia di Kalsel. “Kita tentu berharap dukungan semua pihak baik Forkopimda Kalsel maupun pemerintah kabupaten/kota,” kata Roy.

Secara terpisah Kadinkes Kalsel HM Muslim mengatakan sasaran vaksinasi Lansia di Kalsel sebanyak  3,3 ribu warga lanjut usia.

Sebagai langkah percepatan vaksinasi bagi lansia, dia meminta dinas kesehatan kabupaten dan kota di Kalsel dapat melakukan jemput bola seperti pemberian vaksin dari rumah ke rumah.

Hal itu bisa dilaksanakan dengan pendataan yang akurat oleh kelurahan melalui RT atau RW, terkait jumlah warga berusia lanjut atau di atas 60 tahun sebagai target vaksin. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here