Operasi Jantung Perdana di RSUD Ulin Sukses, Paman Birin Lepas Kepulangan Pasien

0
411

Banjarmasin – Operasi bedah jantung  terbuka yang dilaksanakan di RSUD Ulin Banjarmasin pada 23-24 Desember 2021, berhasil dengan sukses.  Dua pasien yang mengikuti operasi bedah jantung terbuka tersebut dinyatakan sembuh oleh Tim Dokter RSUD Ulin maupun Tim Dokter RS Harapan Kita Jakarta.

Kedua pasien yang sembuh tersebut  adalah H Fadlan Nursin dan H Abdul Mukti keduanya dari Banjarmasin. Keduanya sembuh usai dirawat selama dua minggu pasca operasi dan kini diperbolehkan pulang oleh tim dokter.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor didampingi Plt Dirut RSUD Ulin Banjarmasin Dr Izaak Zoelkarnain Akbar serta para tim dokter yang menangani operasi jantung, melepas  kepulangan dua pasien ke rumah setelah diperbolehkan pulang, Rabu (5/1/2022) siang. Acara pelepasan pasien operasi bedah jantung terbuka  pertama di Kalsel tersebut berlangsung di ruang Aster RSUD Ulin dan diliput berbagai media.

Paman Birin mengatakan momen pelepasan pasien ini merupakan momen bahagia bukan hanya bagi jajaran RSUD Ulin Banjarmasin melainkan seluruh masyarakat Kalsel. “Karena dengan kesuksesan operasi bedah jantung pertama di RSUD Ulin ini maka semakin meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat banua,” kata Paman Birin.

Kini masyarakat Kalsel yang hendak melaksanakan operasi jantung tak perlu lagi ke RS Harapan Kita Jakarta namun RSUD Ulin sudah mampu melaksanakannya. “Ini yang menjadi harapan masyarakat kita, karena kalau operasi di RS Harapan Kita waktu antrinya lama bisa sampai setahun, kemudian juga kita memerlukan biaya ke sana,” kata Paman Birin.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik tim dokter RS Harapan Kita dan RSUD Ulin yang telah sukses melaksanakan operasi bedah jantung perdana atau pertama kalinya di Kalsel ini. “Tingkatkan terus pelayanan RSUD Ulin, ke depan apabila masih ada kekurangan SDM perlu ditindaklanjuti dengan pelatihan secara periodik serta kalau perlu dokter yang perlu sekolah lagi difasilitasi,” kata Paman Birin.

Sementara Plt  Dirut RSUD Ulin Dr Izaak Zoelkarnain Akbar, operasi bedah jantung terbuka perdana tersebut dilaksanakan oleh Tim dokter RS Harapan Kita Jakarta. “Namun pasca operasinya ditangani oleh Tim Dokter RSUD Ulin Banjarmasin,” kata Izaak.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor beserta jajaran Pemprov Kalsel. “Terlaksananya operasi bedah jantung ini tak lepas dari dukungan Gubernur Kalsel beserta jajaran,” kata Izaak. 
Terkait pelaksanaan operasi jantung tersebut, sepenuhnya ditanggung oleh BPJS.

Dilaporkan, kedua pasien yang mengikuti operasi didiagnosis Coronary Artery Disease. Keduanya menerima tindakan Coroner Artery Bypass Graft (CABG).

Tak lupa, Izaak juga ucapkan terima kasih kepada Kemenkes RI dan RSJPD Harapan Kita atas kesempatan yang diberikan kepada RSUD Ulin. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here