Sayuran Penurun Kolesterol, Ini Jenisnya

0
127

Kadar kolesterol sangat penting dijaga karena bisa menjadi ancaman yang serius untuk tubuh. Kolesterol yang tidak terkontrol bisa menyebabkan munculnya penyakit jantung. Selain itu, pola makan yang sembarangan atau makan dengan porsi yang banyak juga dapat meningkatkan risiko penumpukan kolesterol.

Jika Anda ingin menghindari kadar kolesterol jahat yang tinggi di dalam aliran darah, wajib mengonsumsi makanan berserat seperti sayuran. Meningkatkan asupan sayuran harusnya tidak sulit karena orang Indonesia pada umumnya gemar mengonsumsi sayuran sebagai lalapan.

Lalapan Penurun Kolesterol

Lalapan penurun kolesterol sangat mudah didapatkan di pasaran. Lalu apa saja sayuran yang bisa dijadikan lalapan penurun kolesterol?

1. Buncis

Buncis memiliki sedikit rasa manis dengan tekstur yang renyah sehingga cocok untuk dijadikan lalapan. Bukan sekedar lalapan, buncis bisa distok di lemari es sebagai penurun kolesterol karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

2. Kol atau Kubis

Kubis atau kol juga sama dengan buncis. Kol memiliki serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan dan metabolisme pada tubuh. Sayur satu ini cocok untuk dijadikan lalapan penurun kolesterol karena mengandung bahan aktif sulforafan, iberin, histidin dan Cyano Hidroksi Butena (CBH).

3. Terong Lalapan atau Terong Thailand

Terung atau terong Thailand sering kita jumpai di pasaran hingga di rumah-rumah makan. Namun, tak banyak yang tahu kalau terong lalapan ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk bantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Di Thailand sendiri, terong ini sering dipakai untuk menjadi bahan obat tradisional, karena bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

4. Selada Air

Selada air memiliki rasa yang enak dan segar. Sayuran ini seringkali disajikan sebagai lalapan pada makanan Sunda. Selain bisa dijadikan lalapan penurun kolesterol, selada air yang mengandung gluconasturtin juga bisa melawan perkembangan sel kanker. Kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin K dan vitamin A yang ada di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan bisa bantu mengurangi berat badan.

5. Kecipir

Jika Anda pecinta lalapan, pasti kamu pernah berjumpa dengan kecipir. Sayur yang sering disajikan sebagai lalapan ini memiliki kandungan antioksidan alami dan vitamin E yang baik untuk metabolisme tubuh termasuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Kale atau Kubis Keriting

Kale atau kubis keriting merupakan lalapan penurun kolesterol yang wajib ada di rumah untuk membantu mengontrol kadar kolesterol dan bantu menurunkannya. Kubis keriting memiliki banyak kandungan vitamin dan tinggi lutein (xantofil) yang mampu menurunkan kolesterol dengan menghentikan penumpukannya di dalam tubuh.

7. Takokak

Takokak seringkali disamakan dengan lalapan leunca. Padahal keduanya berbeda walaupun serupa. Walaupun rasanya agak pahit dan kesat di dalam mulut, ternyata tanaman yang masih menjadi kerabat terong ini mengandung banyak manfaat untuk tubuh.

Kandungan sterol campesterol di dalamnya bisa menjadi antiradang. Selain itu, takokak juga mengandung vitamin A 750 IU dan vitamin C 80 mg/100 g yang apabila dikonsumsi sesuai dengan porsinya (tidak berlebihan) bisa bantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

Sumber : CNBC Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here