Anggota DPD Habib Zakaria Apresiasi Pengelolaan Perpustakaan Palnam

0
127

Anggota DPD RI perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel), Al Habib Zakaria Bahasyim memberikan apresiasi atas tata kelola Perpustakaan Palnam yang dilaksanakan oleh Dispersip Kalsel. Hal ini ia ungkapkan saat mengunjungi Perpustakaan Palnam dalam rangka implementasi Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Kunjungannya di Perpustakaan milik Pemprov Kalsel itu disambut oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel Wildan Akhyar.
Habib Zakaria diajak berkeliling melihat fasilitas yang tersedia, mulai dari ruang perpustakaan umum, perpustakaan anak, gazebo, dan gedung perpustakaan disabilitas yang baru selesai dibangun. 

“Setalah diajak berkeliling melihat pelayanan, serta fasilitasnya saya nilai sudah sangat baik. Koleksi bukunya juga sangat lengkap dan bervariatif,” kata Zakaria, Banjarmasin, Kamis (6/1/2022)

Zakaria berharap, seluruh masyarakat Banua terutama generasi muda bisa memanfaatkan keberadaan fasilitas belajar yang Ia nilai luar biasa ini.

“Semoga keberadaan Perpustakaan Palnam ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan kegemaran membaca,” katanya.

Daa juga berharap agar Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat dapat memprioritaskan peningkatan kualitas dan anggaran di bidang ini, agar dapat mencetak generasi berdaya saing. 

“Kita tahu ini tentu perlu dukungan semua pihak, agar dapat berjalan maksimal, baik pelayanan di sini, maupun promosi literasi ke berbagai wilayah,” ucapnya.

Sementara itu, Wildan Akhyar, merasa senang dengan kedatangan Anggota Komite III DPD RI ini, dan berharap bisa mendapat dukungan penuh untuk meningkatkan kegemaran membaca, karena berdasarkan hasil survei tahun 2020 yang dirilis Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Kalsel masih berada di posisi 17 dari 34 provinsi se-Indonesia.

“Kami terus mencari ruang untuk bisa menambah layanan kami, hingga lebih banyak masyarakat yang berwisata literasi. Untuk itu, kita berharap gedung baru difabel dan teater ke depan dapat segera beroperasi dan dimanfaatkan. Pasalnya, gedung yang berasal dari Dana Alokasi Khusus Perpusnas RI ini, belum memiliki fasilitas penunjang di dalamnya,” katanya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here