Pantai Gedambaan Dulu Terdapat Banyak Sarang Burung Tiung

0
95

Pantai Gedambaan lebih dikenal orang setempat dengan sebutan Pantai Sarang Tiung. Pasalnya dulu di pantai ini banyak sekali sarang burung tiung atau beo. Sayangnya sarang tersebut sudah jarang ditemukan dan bahkan tidak ada lagi lantaran aktifitas perburuan liar. Adapun Pantai Gedambaan diambil dari nama desa di daerah pantai itu berada yaitu desa Gedambaan.

Pantai Gedambaan dimemiliki pesona yang luar biasa indah dan berbeda dengan pesona pantai lainnya. Pantai Gedambaan adalah salah satu pantai andalan warga Kotabaru Kalimantan Selatan. Terletak di Desa Gedambaan, Kecamatan Pulau Laut, Kalimantan Selatan pantai ini menawarkan pesona keindahan yang dapat memberikan kepuasan batin bagi para pengunjungnya. Pesona Pantai cantik ini memang mampu menyihir seluruh wisatawan yang datang berkunjung.

Selain menikmati pasir putih yang mepesona karena paparan sinar matahari, pemandangan alamnya juga mampu menghipnotis para pengunjung. Wajar saja jika pengunjung betah untuk berlama lama di Pantai Gedambaan tersebut. Pantai Gedambaan sendiri dulu dikenal sebagai nama Pantai Sarang Tiung yang memiliki jarak kurang lebih sekitar 14 kilometer dari pusat Kotabaru.

Pemadangan Pantai Gedambaan ini adalah kapal dan hilir mudiknya para nelayan. Anda juga dapat melihat bagang atau alat penangkap ikan yang berbentuk bangunan rumah diatas laut. Warna air Pantai ini memiliki ciri khas yang berbeda yaitu berwarna bening kehijau jauan. Air laut pun terlihat dangkal sehingga dapat dilihat dengan mudah karena jernihnya air pantai cantik di Kotabaru ini.

Selain itu, pemandangan bukit bukit yang menghijau juga membuat suasana semakin lengkap dan pemandangan terlihat sangat asri. Pantai Gedambaan dipenuhi oleh pohon bakau yag tumbuh di sepanjang pantai. Pohon yang tumbuh di sekitar pantai ini terlihat sudah tua dan berumur. Hal ini bisa dilihat dari ukuran batang dan akar besar dari pohon bakau yang keluar dari permukaan tanah.

Apabila air laut sedang pasang, maka Anda akan melihat air laut yang menghijau di Pantai Gedambaan. Pada saat Anda berkeliling di area bibir pantai, maka ketinggiannya bisa mencapai setinggi dada orang dewasa. Sementara apabila air laut sedang surut, maka airnya akan menjadi begitu dangkal. Anda akan melihat beberapa genangan air disekitar lokasi yang tadinya dipenuhi oleh air pasang.

Genangan air ini membentuk kolam yang dangkal, sehingga bisa menjadi tempat untuk berendam para wisatawan. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda ketika bermain air laut yang menggenag tersebut. Para wisatawan yang berkunjung juga bisa melihat permukiman Suku Bugis dan Mandar yang merantau dari Sulawesi Selatan.

Pantai Gedambaan merupakan satu dari sekian banyak pantai yang ada di Indonesia yang masih memiliki hutan mangrove. Hutan mangrove sendiri merupakan tempat habitat beberapa fauna seperti burung, kunang kunang dan lebak. Keistimewaan yang dimiliki oleh Pantai ini adalah lokasinya yang berada di kaki pegunungan. Pantai Gedambaan juga dekat dengan Pulau Laut yang masih hijau dan berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya.

Warga setempat juga beberapa kali menggelar acara sedekah laut yang digelar secara rutin pada bulan Desember. Sehingga apabila Anda ingin melihat acara berlangsungnya sedekah laut ini Anda bisa berkunjung pada akhir tahun. Sedekah laut ini bertujuan untuk meminta keselamatan dari marabahaya dan juga rasa syukur atas karunia alam yang telah diberikan.

Tidak jauh dari lokasi Pantai, Anda akan menemukan gugusan terumbu karang di daerah Teluk Tamiyang yang berada di dalam kawasan Kecamatan Pulau Laut Barat. Keaslian terumbu karang yang belum tersetuh ini semakin menarik perhatian para wisatwan karena kejernihan air laut tersebut.

Anda juga bisa menginap di Pantai Gedambaan ini karena telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti penginapan. Para wisatawan bisa menyambut datangnya pagi hari jika menginap di pantai ini. Suasana pantai di pagi hari akan terlihat sangat mempesona dibandingkan saat siang hari menjelang. Pesona sunset yang luar biasa juga bisa dinikmati oleh para wisatawan di sore hari. Suasana malam di pantai ini juga terasa syahdu dengan keberadaan lampu-lampu temaram di sekeliling pantai.

Pantai ini bisa dibilang telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai. Banyak warung-warung makanan, dan beberapa gazebo untuk bersantai. Anda juga bisa merasakan berenang di kolam air tawar jika tidak ingin bermain air laut Pantai Gedambaan. Selain bermain air di kolam air tawar Anda juga bisa berendam di genangan air disekitar lokasi yang telah dipenuhi oleh air pasang setelah dangkal.

Apabila Anda mengajak anak untuk berkunjung, Anda bisa mengajaknya untuk bermain di playground yang digunakna sebagai tempat bermain anak. Ada juga fasilitas camping ground yang disediakan untuk wisatawan yang ingin menginap di tenda. Sementara itu fasilitas pendukung lainnya seperti toilet dan mushalla juga tersedia di Pantai Gedambaan. Area parkir disana terbilang cukup luas. Pantai Gedambaan juga menawarkan permainan banana boat bagi para pengunjung.

Selain menghadirkan banyak fasilitas bermain untuk anak-anak, pantai ini juga menyediakan sejumlah spot foto bagi penggemar selfie. Salah satu spot menarik untuk diabadikan dalam kamera adalah ayunan pinggiran air laut dengan kedalaman hanya selutut orang dewasa. Selain itu, keberadaan panggung hiburan menambah lengkap fasilitas guna menampilkan musik, tarian dan lain-lain.

Jarak Pantai Gedambaan sendiri sekitar 14 kilometer atau membutuhkan waktu 30 menit sampai 1 jam bila ditempuh dari pusat Kotabaru. Meski cukup jauh, pemandangan menuju pantai akan dimanjakan dengan keberadaan bukit-bukit kecil serta rerumputan hijau yang dipenuhi oleh sapi milik penduduk desa.

Umumnya jika menggunakan kendaraaan umum dari kota Banjarmasin waktu perjalanan bisa mencapai 7 jam. Namun apabila Anda tidak ingin terlalu lama di jalan, Anda bisa memesan tiket pesawat yang berangkat dari Banjarbaru ke Kotabaru. Perjalanan menggunakan pesawat hanya akan membutuhkan waktu selama setengah jam. Harga tiket masuk Pantai Gedambaan pun terbilang sagat terjangkau dan hemat di kantong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here