Pengaron dan Simpang Empat Banjir Parah, Ribuan Rumah Calap

0
1104

Martapura – Banjir kembali menerjang wilayah Kecamatan Pengaron dan Simpang Empat, Kabupaten Banjar Kalsel, Rabu (12/1/2022). Dampaknya kali ini cukup parah, ketinggian air nyaris menenggelamkan atap rumah warga di beberapa titik lokasi banjir. 

Data sementara yang dikumpulkan pihak aparat Kecamatan Pengaron, Sebanyak 2.099 KK atau 6.259 jiwa mengalami Terdampak banjir. Sementara data rumah yang calap (terendam) sebanyak 1804 buah. Sedangkan jumlah fasum Terdampak sebanyak 46 buah.

Data pihak Kecamatan Pengaron ada 8 desa yang Terdampak banjir di sana. Yaitu di Lobang Baru, Atiim, Antaraku, Lok Tunggul, Lumpangi, Benteng, Pengaron, dan Mangkauk.

Sedangkan di Kecamatan Simpang Empat, sebanyak 1793 rumah dan 5415 jiwa Terdampak banjir. Banjir  di Kecamatan Simpang Empat menerjang wilayah Tanah Intan, Sungai Tabuk, Lawiran, Sungai Langsat, Sungai Raya, dan Lok Cantung. 

Sementara Kasi PSKBA Dinsos Kalsel Achmadi saat di lokasi bencana mengatakan Gubernur Kalsel memerintahkan Tagana Kalsel turun tangan mengambil langkah penanganan secara progresif. “Dapur umum  dan posko bantuan telah kita dirikan di kantor Kecamatan Simpang Empat, nanti akan didistribusikan melalui para Kades,” kata Achmadi.

Dapur umum dibuka kerjasama dengan Dinsos Kab Banjar menyiapkan 1500 paket makanan siap saji setiap kali makan. “Ini sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dasar penyintas banjir di Kab Banjar,” kata Achmadi. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here