Banjarmasin – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menurunkan armada perpustakaan keliling, pendongeng dan badut untuk mengkampanyekan gemar baca kepada anak-anak SDN Handil Purai 1 dan 2 di Desa Handil Purai, kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, Selasa (11/1) lalu.

Kehadiran perpustakaan keliling Dispersip Kalsel ini pun disambut antusias oleh anak-anak dan masyarakat setempat.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan kunjungan tim perpustakaan keliling ke SDN Handil Purai 1 dan 2 ini merupakan kunjungan perdana di tahun 2022.

“Ini merupakan kunjungan tim pusling kami yang perdana langsung ke dua sekolah dasar untuk menghibur sekaligus mensosialisasikan gemar membaca. Layanan pusling ini sesuai dengn permintaan Kepala Desa dan Aparat Pemerintah di wilayah ini, maka kami turunkan 2 unit pusling serta 7 badut,” kata Nurliani, Banjarmasin, Rabu (12/1/2022).

Nurliani juga mengungkapkan bahwa pihaknya sempat kewalahan untuk mengantarkan buku dikarenakan jalannya yang sempit dan juga becek.

“Karena jalan yang kecil dan becek, anak-anak kami kemaren harus meminjam tambahan kendaraan roda 2 pada guru di SDN Handil Purai 1, untuk sampai ke SDN Handil Purai 2,” tutur Nurliani.

Sementara itu melalui pers rilis Dispersip Kalsel Camat Beruntung Baru, Agus Muslim didampingi, korwil pendidikan Kecamatan M.Arifin, hingga Kepala Puskesmas setempat Johansyah mengapresiasi kehadiran tim pusling Disepersip Kalsel di desa setempat.

“Setelah kerja sama vaksinasi kemaren, alhamdulillah berlanjut, kali ini untuk peningkatan kegemaran membaca di wilayah kami,”ungkap Camat usai mengikuti kegiatan. 

Hal senada diungkapkan Korwil Pendidikan setempat, yang berharap hal serupa ini dapat menyasar sekolah lain di wilayahnya, guna mendukung program pembalajaran peserta didik. 

“Tentu ini sangat kami harapkan dapat berjalan rutin, agar generasi disini dapat banyak membaca dan pengetahuan baru,” terangnya. 

Sedangkan, Kepala SDN Handil Purai 2, Rofian merasa senang dengan kedatangan Pusling ini, karena peserta didiknya sangat senang dengan hadirnya pendongeng dan badut karekter. 

“Kami sangat bersyukur telah dikunjungi, apalagi medannya yang cukup sulit dan tentunya kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here