Gubernur dan Bupati/Walikota di Kalsel Sepakati Pemulihan Lingkungan Hidup Pasca Banjir

0
316

Banjarbaru – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melakukan kesepakatan bersama dengan sejumlah bupati walikota se Kalsel dalam rangka upaya percepatan pemulihan lingkungan hidup pasca banjir besar di Kalsel pada awal 2021 lalu. Penandatangan dilakukan di Gedung Idham Chalid, Kamis (13/1) disaksikan Dirjen PKTL Kementerian LHK Ruandha Agung, Setditjen PKTL Hanif Faisol Nurofiq serta Ketua DPRD Kalsel Supian HK.

Adapun kepala daerah yang melakukan penandatangan adalah Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Plt Bupati HSU Husairi Abdi, Bupati Tanah Laut Sukamta, Bupati Balangan Abdul Hadi, Wabup Banjar Habib Idrus Alhabsyie, dan Wabup HST Mansyah Sabri.

Selain itu MoU pemulihan lingkungan pasca banjir, Paman Birin selaku gubernur Kalsel juga  menyerahkan dokumen kajian pengamanan lingkungan DAS Barito berbasis ekoregion. Dokumen tersebut hasil kajian pengamanan lingkungan yang dibuat oleh Kementerian LHK bersama Pemprov Kalsel.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI beserta Kementerian LHK yang telah menyusun kajian pengamanan lingkungan DAS Barito berbasis ekoregion tersebut. “Kajian ini merupakan upaya strategis untuk mereduksi terjadinya banjir sekaligus dampak yang ditimbulkannya di masa mendatang,” kata Paman Birin.

Untuk penanganan banjir di Kalsel perlu kolaborasi dari semua pihak karena permasalahan banjir tak bisa ditangani secara parsial atau sendiri-sendiri. “Kita membutuhkan kerjasama dan tim yang solid guna menyelesaikan persoalan banjir secara komprehensif,” kata Paman Birin.

Sementara Dirjen PTKL Kementerian LHK Ruandha Agung mengharapkan dokumen kajian pengamanan lingkungan hidup yang telah diserahkan diharap dapat ditindaklanjuti dalam bentuk aksi nyata oleh pemerintah kabupaten kota di Kalsel. “Diharapkan melalui kajian pengamanan lingkungan hidup KLHK ini tercipta kebijakan pengamanan lingkungan dan upaya pemulihan lingkungan hidup guna mengantisipasi bencana alam di masa mendatang,” kata Ruandha Agung. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here