Batulicin – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabaru, Yosef Benyamin Yembise mendampingi Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Heni Susilo Wardoyo beserta rombongan dalam kunjungannya ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Batulicin, Kamis, (13/1/2022).

Kedatangan Plt. Kakanwil didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM sekaligus Plt. Kepala Divisi Administrasi, Ngatirah dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono, Pejabat Administrator dan Pengawas Kantor Wilayah dan Kepala Kanim Kelas II TPI Batulicin, dan Kepala Bapas Kelas II Batulicin.

Rombongan Plt. Kakanwil Kemenkumham Kalsel bergerak menuju Lapas Batulicin guna meninjau secara langsung kondisi lapas dan apa saja yang diperlukan untuk segera bisa beroperasi guna menanggulangi over kapasitas Lapas Kotabaru.

Pembangunan Lapas Kelas III Batulicin sendiri sudah memasuki tahapan akhir dengan ditunjuknya Kepala Lapas Kelas IIA Kotabaru, Yosef Yembise sebagai Plt. Kepala Lapas III Batulicin. 

Sejak ditunjuk sebagai Plt. Kalapas, Yosef Yembise langsung bergerak guna mengakselerasi pengoperasian Lapas yang akan dilakukan secara bertahap hingga Lapas bisa beroperasi secara penuh baik operasional teknis maupun sarana prasarana. 

Pengoperasian Lapas sendiri mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, baik Lembaga Eksekutif dan juga legislatif, ini dibuktikan dengan kesiapan Pemerintah memberikan bantuan sesuai kebutuhan guna menunjang operasional Lapas Batulicin.

Sebelum meninjau langsung Lapas Batulicin, Rombongan terlebih dahulu melakukan audiensi dengan jajaran Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu bertempat di Ruang Sidang DPRD Tanah Bumbu. Audiensi ini terkait percepatan peresmian Lapas Batulicin yang diharapkan bisa beroprasi secepatnya guna sebagai penanggulangan over kapasitas di Lapas Kelas IIA Kotabaru.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua DPRD Tanah Bumbu, H. Supiansyah yang menyampaikan sambutan dan harapan agar Lapas Batulicin segera dapat beroperasional. “Sebelumnya kami juga berkoordinasi dengan Bapak Menteri Hukum dan HAM terkait pembangunan Lapas di Batulicin dan alhamdulillah sekarang sudah terlaksana pembangunan Lapas tersebut, kami mengharapkan untuk segera bisa dioperasikan agar masyarakat yang keluarganya berada di Lapas Kotabaru tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh hanya untuk melakukan kunjungan bagi WBP,” ujarnya.

Senada dengan yang disampaikan ketua DPRD Tanah Bumbu, Plt. Kakanwil Heni Susilo mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan. “Terima kasih sebelumnya atas dukungan yang diberikan oleh DPRD Kabupaten Tanah Bumbu terkait pembangunan Lapas Kelas III Batulicin, apa yang disampaikan oleh ketua DPRD akan kami tampung untuk bisa dikoordinasikan bersama pimpinan pusat agar segera bisa diresmikan pengoperasian Lapas, ini juga sebagai upaya untuk penanggulangan over kapasitas di Lapas Kelas IIA Kotabaru,” tukasnya.

Sehari sebelumnya rombongan juga melakukan kunjungan ke kediaman Bupati Tanah Bumbu, KH. Zairullah Azhar pada Rabu (12/01). Heni menyampaikan apresiasi kepada Bupati Tanah Bumbu terkait bantuan hibah oleh Pemkab. Tanah Bumbu, berupa Gedung Bangunan Blok dan Sarpras Pendukung serta Rencana Pembangunan Rumah Dinas bagi pegawai Lapas.

Selaras dengan apa yang disampaikan Plt. Kakanwil, Bupati Tanah Bumbu menyampaikan dukungan atas rencana operasional Lapas Batulicin. “Kami sangat mendukung percepatan operasionalisasi Lapas Kelas III Batulicin, sehingga keluarga WBP yang berasal dari Tanah Bumbu tidak menempuh jarak yang jauh dan memakan waktu lama untuk melakukan kunjungan. Serta dapat membantu mengurangi overcapacity pada Lapas Kelas IIA Kotabaru,” ujar Zairullah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here