Banjarbaru – Sejumlah kepala SKPD di lingkup Pemprov Kalsel berhadir dalam Rapat Pemantapan MTQ Nasional ke 29 Tahun 2022, Kamis (13/1) sore di Gedung Idham Chalid Banjarbaru. Rapat dipimpin staf ahli Gubernur Kalsel Fathurrahman, dihadiri Kakanwil Kemenag Kalsel Tambrin dan  pengurus LPTQ Kalsel.

Dalam rapat ada 28 bidang kepanitiaan yang melaporkan progres kesiapan masing-masing. Untuk personil pengamanan akan melibatkan TNI Polri khususnya pada saat pembukaan penutupan MTQ Nasional yang bakal dihadiri Presiden dan Wapres RI. Kegiatan MTQ juga akan dibarengi dengan pawai taaruf, Pameran MTQ Nasional 2022 dan Kalsel Expo serta even lainnya.

Sementara beberapa bidang lainnya seperti pengelolaan sampah, ketersediaan energi dan akomodasi masih harus dirancang lebih lanjut.

Fathurrahman mengatakan rapat ini dalam rangka tahap pemantapan. “Kita harapkan Kalsel menjadi penyelenggara yang baik dan sesuai arahan Gubernur Kalsel agar kita juga sukses menjadi juara umum,” kata Fathurrahman.

Kegiatan MTQ direncanakan pada Bulan Oktober. “Rancangannya pada tanggal 10 sampai 19 Oktober 2022,” ungkap Fathurrahman.

Untuk anggaran MTQ masih dihimpun apa yang belum dianggarkan sehingga pihak Bakeuda Kalsel bisa memasukkan dalam anggaran MTQ Nasional nanti.

“Nanti direncanakan bakal ada malam taaruf MTQ Nasional yang akan digelar di kawasan Siring nol kilometer Banjarmasin,” kata Fathurrahman. Selain itu MTQ Nasional akan diramaikan dengan Pameran dan Kalsel Ekspo.

Plt Karo Kesra Kalsel Mustajab menambahkan bahwa pelaksanaan MTQ Nasional ke 29 nanti akan tetap menerapkan prokes secara ketat. “Kita belajar dari MTQ Nasional 2020 di Sumbar yang menerapkan prokes dan terus berkoordinasi dengan Satgas Covid 19 nasional,” kata Mustajab

Sementara unsur kepanitiaan akan melibatkan seluruh pihak terkait termasuk ulama dan tokoh masyarakat. “Pembentukan kepanitiaan secara definitif masih dalam proses,” kata Mustajab. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here