Tanjung – Pemerintah Provinsi Kalimantan Sslatan melalui  Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak)  bekerja sama dengan Tim SISKA Supporting Program, Menggelar acara Workshop Perencanaan Usaha dan Kelembagaan Sistem Integrasi Kelapa Sawit Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti Plasma (SISKA KUINTIP), di Kabupaten Tabalong  Jum’at (14/1).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Suparmi. Dalam sambutannya Suparmi menjelaskan tentang potensi usaha bagi para peternak di banua melalui implementasi program SISKA KUINTIP. 

“Selain untuk mendukung percepatan Swasembada daging Kalsel sebagai program prioritas Gubernur Kalsel dan program lompatan maksimal, melalui program SISKA KUINTIP juga menjadi peluang bisnis baru untuk meningkatkan ekonomi peternak khususnya bagi masyarakat Kalsel,”’kata Suparmi.

Saat  ini kebutuhan sapi potong di Kalimantan Selatan rata-rata 50.000 ekor per tahun.  “ini merupakan potensi pasar”, Tuturnya. Ditambahkan Suparmi, Dengan implementasinya program SISKA KU INTIP 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan diharapkan mampu meningkatkan populasi dan produksi sapi potong secara efisien dengan memanfaatkan potensi lahan perkebunan kelapa sawit.

Gino, mewakili kelompok Tani Maju desa Wonorejo yang merupakan plasma dari Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit  PT. Buana Karya Bakti, menyatakan sangat senang dan telah diimplementasikannya program SISKA KU INTIP di kelompoknya. “selain efisien waktu dan biaya, ternak kita juga aman dengan adanya bantuan pagar listrik,” kata Gino.

Hal serupa diutarakan Abidin, salah satu anggota kelompok tani yang ikut hadir dalam acara tersebut. Ia mengaku sangat tertarik dengan adanya program ini, ”Kami sangat tertarik untuk bergabung dalam program ini, kami mengharapkan bimbingan baik dari pemerintah daerah maupun dari Tim SISKA Supporting Program agar program ini dapat segera di Implementasikan dikelompok kami”, ucapnya.

Acara Workshop dengan mengusung tema Perencanaan Usaha dan Kelembagaan SISKA KUINTIP di hadiri juga oleh Kepala BPTU HPT Pelaihari, Kepala BPTP Kalsel, Kepala Dinas yang membidangi Perkebunan dan Peternakan di Kabupaten Tabalong,Tanah Laut, Barito Kuala dan Tanah Bumbu, Ketua Gapki Cabang Kalsel, Perwakilan Bank Indonesia Cabang Kalsel,  Perwakilan Bank Kalsel, serta perwakilan perusahan kelapa sawit yang telah berkomitmen mendukung program SISKA KUINTIP diantaranya PT.BKB, PT. Candi Arta; PT. CPKA, PT. PBB, PT.Hasnur, PT.GMK  dan PT. ASTRA  serta perwakilan dari kelompok tani ternak. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here