Rawan Banjir, Pemprov Kalsel Bantu Lumbung Sosial di Kabupaten Banjar

0
410

Banjar – Pemprov Kalimantan Selatan melalui Dinas Sosial terus bergerak cepat dalam rangka penanggulangan korban bencana alam. Kali ini kembali bekerjasama dengan Kemensos RI mendirikan lumbung sosial di 4 wilayah Kecamatan wilayah Kabupaten Banjar yang merupakan rawan bencana banjir. Adapun kecamatan yang didirikan lumbung sosial adalah Kecamatan Simpang Empat, Martapura Timur,Martapura Barat dan Mataraman.

Bantuan Bufferstock dan permakanan untuk mengisi stok di Lumbung Sosial tersebut secara resmi Diserahkan Rabu (19/1) siang di Kantor Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili asisten 1 Setdaprov Kalsel Adi Santoso didampingi Kadinsos Kalsel Hj Siti Nuriyani dan Kadinsos Banjar Hj Hamidah. hadir pula Joko Darmono selaku Direktur PSKB Kemensos RI beserta jajaran Tagana Kalsel dan Dinsos Banjar.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih kepada Kemensos RI atas bantuan serta atensi kepada korban bencana di Kalsel selama ini. “Kita berharap lumbung sosial seperti ini juga dapat berdiri di daerah rawan bencana lainnya sehingga apabila terjadi musibah bencana, korban dapat segera dibantu minimal untuk kebutuhan dasar,” kata Paman Birin.

Sebelumnya Pemprov Kalsel dan Kemensos RI telah mendirikan lumbung sosial di 10 kecamatan yaitu di Tapin, HST dan Kotabaru. 

“Hadirnya lumbung sosial adalah bentuk komitmen pemerintah agar cepat bantuan Kebutuhan  dasar dapat cepat disampaikan kepada penyintas bencana,” kata Paman Birin melalui sambutan tertulis.

Sementara Kadinsos Kalsel Hj Siti Nuriyani didampingi Kasi PSKBA (Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam) mengatakan 4 kecamatan yang didirikan lumbung sosial ini merupakan daerah rawan bencana. “Sementara untuk daerah lain yang juga rawan bencana bisa mengusulkan agar dapat didirikan lumbung sosial juga,” kata Nuriyani.

Bantuan lumbung sosial ini juga dapat digunakan ke daerah lain apabila memerlukan. “Bantuan ini sebagai stok untuk kesiapsiagaan bantuan korban bencana alam sehingga dapat didistribusikan lebih cepat,” kata Nuriyani.

Lumbung sosial berisi beras dan bahan permakanan, obat-obatan, serta alat-alat yang diperlukan saat banjir seperti genset, lampu, dan water treatment.

Dirinya juga menambahkan, meskipun saat ini kondisi air mulai surut, pihaknya tetap siaga terhadap bencana, yang menurut prediksi BMKG bisa terjadi hingga Maret 2022.

“kita juga tetap mengupayakan agar kabupaten/kota lainnya di Kalsel bisa memiliki lumbung sosial juga karena apabila terjadi bencana di wilayah itu, bisa langsung disalurkan dan apabila habis maka akan kami isi kembali,” pungkas Nuriyani.

Sementara Kadinsos Banjar Hj Hamidah mewakili Bupati Banjar Saidi Mansyur mengucap terima kasih atas bantuan lumbung sosial di kabupaten Banjar. “Saat ini banjir sudah surut, namun di beberapa titik masih terjadi genangan air,” lapor Hamidah.

Fahrian Rahman selaku Camat Simpang Empat juga melaporkan saat ini kondisi dan aktivitas masyarakat di wilayahnya yang Terdampak banjir sudah mulai normal kembali. “Namun kerugian petani akibat puluhan hektar lahan pertanian dan kebun jeruk  terendam air cukup merugikan, oleh karena itu kita berharap ada bantuan bibit bagi petani di Simpang Empat,” kata Fahrian. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here