Atasi Sampah, Kubus Apung Segera Dipasang Di Sungai Martapura 

0
245

Banjarmasin – Persoalan  sampah yang mencemari Sungai Martapura, masih terus menjadi atensi Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kalimantan Selatan.

Lewat program sungai Martapura Bungas, berbagai upaya telah dilakukan untuk mengembalikan sungai itu lebih bersih.

Mulai dari penanaman pohon, hingg lebih mempertajam edukasi kepada masyarakat yang diyakini menjadi kunci utama kembalinya fungsi sungai yang membelah kota Banjarmasin itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, untuk mewujudkan sungai Mertapura Bungas.

Terbaru, pihaknya bakal segera memasang Kubus Apung di aliran Sungai Martapura yang lokasinya berdekatan Pusat Daur Ulang Banjarmasin, di kawasan jalan Benua Anyar.

“Kami sudah siapkan Kubus Apung, segera akan di pasasang, sehingga bisa menangkap sampah, dan tidak langsung sampai ke Banjarmasin. Tapi transportasi sungai masih bisa lewat,” ucapnya, Minggu (23/1/2022).

Namun Hanifah menegaskan, jika sudah di pasang pihaknya meminta agar masyarakat yang aktif dalam mengelola sampah-sampah tersebut.

“Kita tidak akan menempatkan petugas disana, kita ingin masyarakat yang sadar untuk menjaga lingkungannya. Sampah kompos bisa juga dimanfaatkan. Agar mainset masyarakat berubah,” tegasnya.

Adapun, Kubus Apung yang telah bakal di pasang DLH Kalsel sebanyak 100 unit yang dibeli dari Pulau Jawa sekitar Rp 100 juta memakai anggaran 2021.

“Semoga tahun ini, dalam waktu kesempatan pertama ini anggaran sudah ada, sehingga kita bisa langsung implementasikan,” harapnya.

Sehingga Dia pun meminta kepada semua pihak agar bisa komitmen bersama untuk menyukseskan program Martapura Bungas.

“Ini bukan tanggung jawab kami saja tapi semua, kita hanya membantu, jadi semua yang terlibat harus komitmen dan bertanggung jawab untuk wilayahnya yang di lalui sungai Martapura,” pungkasnya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here