KANDANGAN – Beredar video berdurasi 29 detik yang merekam momen salah satu menara masjid di Komplek Islamic Center Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalsel runtuh, Kamis (17/2/2022) sore kisaran pukul 17.10 waktu setempat. Info dihimpun saat kejadian terjadi hujan lebat dan angin cukup kencang di kawasan tersebut.

Insiden itu membuat pekerja yang ada di sekitar lokasi berhamburan. Runtuh salah satu dari empat menara masjid Islamic Center Kandangan itu memicu kepanikan. Doa agar orang-orang yang ada di sekitar lokasi selamat pun diucapkan perekam video.

“Nah Menara Islamic Center runtuh nah, sebiji. Tahambur manusianya. Mudahan kadada korban. Nah banyak yang bukahan,” kata perekam video.

Diketahui, Kompleks Islamic Center berada di Hamalau Kecamatan Kandangan, Kabupaten HSS itu menjadi salah satu megaproyek Pemkab HSS 

Selain membangun masjid, kompleks ini juga dilengkapi dengan ruang terbuka hijau yang terdiri dari danau dan taman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang  (PUPR) HSS, Tedy Soetedjo saat dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id, membenarkan kejadian tersebut.

“Iya benar. Menara yang roboh. Robohnya separuh yang di belakang. Diperkirakan karena umur betonnya masih lemah,” jelasnya.

Tedy mengatakan yang pasti, belum bisa dipastikan penyebab robohnya menara tersebut. 

“Akan segera kita cek. Untuk memastikan penyebabnya,” lanjutnya.

Ia mengatakan yang rusak akan segera diperbaiki.

Dikutip dari berita Banjarmasinpost.co.id pada 3 September 2021, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten HSS, Tedy Soetedjo mengatakan, pengerjaan masih gedung utama bangunan masjid yang terdiri dari dua lantai.

Selain itu, pelataran masjid juga akan luas yang nantinya terdiri dari area parkir dan sentra oleh-oleh.

Untuk anggaran pembangunan gedung utama masjid juga menggunakan APBD Kabupaten HSS Rp 60 miliar.

Rinciannya, sebesar Rp 50 miliar dari APBD 2021 murni dan tambahan Rp 10 miliar di APBD Perubahan.

Selain sebagai masjid, Islamic Center juga digunakan sebagai rest area. Sedangkan untuk kubah, menggunakan pelat berbahan tembaga yang dipesan dari Probolinggo, Jawa Timur. Akan dikirim pada pekan ketiga September dan dipasang pada Oktober. Dan lantainya, menggunakan granit.

News source : Banjarmasinpost.co.id

foto : screenshot video warganet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here