“Daripada Main HP Terus, Mending Ajak Ke Perpustakaan Anak Palnam”

0
270

Banjarmasin – “Waw, ada banyak permainan juga” itulah kalimat pertama yang diucap Anindya Putri Iriyandy tatkala masuk ke Perpustakaan anak-anak (Kids library) Palnam  di Dinas Perputakaan dan Arsip Daerah Kalsel, Minggu (19/2/2022). 

Anindya Putri Iriyandy, siswi kelas 1 SDIT Ukhuwah Banjarmasin yang biasa dipanggil Anin ini berjalan dari rak ke rak buku, tampak kebingungan memilih koleksi buku yang ada. 

“Bagus semua, yang mana dulu ya? ” kata Anin yang hari ini ditemani ibundanya.  

Selain anak-anak, orangtuanya juga tampak senang disini menemani buah hati masing-masing. Selain bisa sambil belajar, tempat ini juga merupakan sarana bermain dan bersosialisasi bagi anak-anak.

“Perpus pal enam ini keren, ga kaya perpus biasa yang pengelolaannya seadanya. Disini nampak sekali dirawat dengan baik. Koleksi buku banyak, ada permainannya dan petugasnya ramah-ramah pula. Sangat baik untuk anak-anak, daripada anak di rumah main handphone terus” tutur Nurul Rahmi, ibunda Anin yang merupakan dosen Bimbingan Konseling di UIN Antasari Banjarmasin. 

Respon girang anak-anak ini tentunya sebuah kejujuran yang tidak dibuat-buat. Hal tersebut makin mengokohkan keberadaan perpustakaan yang di nakhodai oleh Dra Hj Nurliani Dardie, MAP atau yang akrab disapa bunda Nunung sebagai tempat yang ramah anak.

Sebagai penoreh prestasi terbaik se Indonesia dalam Indeks Pembangunan Literasi tertinggi dan pengeloaan arsip yang sangat baik, Dispersip Prov. Kalsel menyediakan tempat khusus untuk anak-anak di lantai dasar atau yang beken dengan sebutan Kids Library.

Menengok kedalam, ditemukan ruangan luas warna warni dengan dekorasi khas anak-anak dengan tatanan rapi, bersih dan sangat nyaman. Rak buku dan aneka permainan anak-anak bisa ditemukan disini serta untuk menambah paripurna ruangan dilengkapi AC. Tak heran jika banyak anak-anak yang datang dan betah berlama-lama, terlebih buku-buku yang ada juga buku terbaru dengan kondisi yang baik terawat. 

Sebagai informasi, Kids library yang bertempat di Jl A Yani Kilometer 6 (Palnam) Banjarmasin ini buka dari Senin – Minggu. Dihari-hari tertentu juga ada pendongeng yang siap memberi hiburan kepada anak-anak. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here