Banjarmasin – Stok Vaksin Covid-19 di Kalimantan Selatan ( Kalsel ) tinggal beberapa jam lagi bakal kadaluarsa. Karena per 1 Maret 2022 vaksin yang ada sudah tak bisa digunakan.
Dimana, per tanggal 24 Februari lalu jumlah vaksin Corona ini, masih sekitar 107 ribu dosis di Kalsel untuk dihabiskan.
Dikonfimasi hal ini, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Soekamto, mengatakan belum tahu pasti berapa jumlah vaksin yang tersisa.
“Kalau jumlah data vaksin saya belum tau pasti siang ini, masih kita data untuk 13 kab kota,” ujarnya, Senin (28/2/2022).
Namun, Dia memastikan bahwa stok Ribuan Dosis vaksinasi ada yang tersisa alias tidak habis dan kadaluarsa.
“Saya yakin dari sisa stok vaksin yang ada  akan tersisa, teman teman dilapangan masih bekerja seluruh Kalsel untuk percepatan vaksinasi ” katanya.
Dia berkilah, sisa stok vaksin tidak habis dan kadaluarsa karena rentang waktu percepatan vaksinasi yang pertama.
Sedangkan untuk melanjutkan vaksin dosis kedua, masanya belum memenuhi syarat.
“Waktu vaksin pertama dilakukan akhir Desember, kalau mau vaksin kedua lagi harus 8 sampai 12 minggu kan, jadi masih banyak yang belum sampai,” jelasnya.
Nanti, sisa vaksin yang kadaluarsa akan disimpan sesuai standart kesehatan dan dikaji ulang lagi oleh pemerintah pusat untuk langkah selanjutnya.
“Kita menunggu instruksi pusat saja, langkah selanjutnya untuk vaksin yang tersisa dan kadaluarsa. Karena akan diteliti dulu oleh mereka,” sebutnya
Adapun jumlah Capaian Vaksinasi di Kalsel hingga Minggu (28/2/2022) dari data Web Kemenkes RI untuk dosis pertama menyentuh 87,2 persen lalu dosis kedua 56,3 persen.
Sementara untuk capaian vaksinasi dosis ketiga sekitar 3,7 persen, dengan total sasaran vaksinasi 3,1 juta warga Kalsel. (DIY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here