Cerita Pahlawan Banjar Tumenggung Jalil Difilmkan

0
386

Banjarmasin – Pemprov Kalsel membuat film yang mengangkat sosok pahlawan pejuang dalam Perang Banjar yaitu Tumenggung Jalil. Ia adalah sosok panglima perang Banjar asal Hulu Sungai Utara yang kemudian meninggal di Bumi Sanggam Balangan.
Kasi Kesenian Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Kalsel, D. Sunjaya Adhiarso mengungkapkan film ini mengangkat tokoh Tumenggung Jalil yang merupakan tokoh heroik dimasa penjajahan belanda.

“Film ini sudah mulai kami garap dari tahun 2021 dan bekerja sama dengan Bias Studio,” ucapnya, Banjarmasin, (1/3/2022).

Pihaknya mengatakan pembuatan film ini yang pertama kalinya dan sejalan dengan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam merdeka belajar dan merdeka berbudaya.

“Yang mana dengan cara menyenangkan yaitu menonton sambil belajar melalui sinema sebagai media digital,” tuturnya.

Sunjaya menambahlan, proses pembuatan film ini memakan waktu kurang lebih 3 bulan lamanya dengan aktor seluruhnya dari Kalimantan Selatan.

“Dari sutradara, pemain hingga belakang panggung 100% orang Kalimantan Selatan,”katanya.

Lanjut Sunjaya, Film ini perdana ditayangkan pada bulan februari tahun 2022 tadi di salah satu bioskop yang ada di Kota Banjarbaru.

“Dan nantinya akan kami unggah di youtube, agar masyarakat serta seluruh dunia bisa mengetahui tokoh Tumenggung Jalil,” tuturnya.

Selain itu, melihat dari antusias masyarakat pada saat pemutaran perdana pihaknya merencakan akan membuat film lagi di tahun berikutnya. MC Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here