Disbunnak Kalsel Identifikasi Lahan Peremajaan Karet Pola Tanam Supradin

0
195

Banjar – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) melaksanakan Verifikasi CP-CL dan Identifikasi Lahan Selasa hingga Rabu (16/3/2022) lalu.

Verifikasi CP-CL dan identifikasi lahan merupakan awal untuk memastikan kesiapan peremajaan tanaman karet agar para calon petani calon lahan benar – benar siap dan bersedia sebagai peserta peremajaan tanaman karet.

Kegiatan tersebut didampingi oleh petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Banjar dan para Penyuluh yang berada pada wilayah calon lahan peremajaan tanaman karet.
Dari Perbincangan dan pengamatan di lapangan dengan ketua kelompok dan anggotanya sangat mendukung kegiatan peremajaan tanaman karet dengan pola tanam ganda dengan ukuran jarak tanaman yang digunakan (18 m + 2 m) x 2,5 m.
Hal ini sangat sesuai dengan aneka ragam usaha pertanian yang diusahakan di Desa Paring Tali Kecamatan Simpang Empat dengan dibuktikan banyaknya tanaman kencur, jahe dan cabe merah di bekas lahan tanaman karet.

Kadisbunnak Kalsel drh Suparmi mengatakan tujuan verifikasi CP-CL dan ldentifikasi lahan untuk mengetahui langsung kesiapan lahan. “Selain itu menyampaikan kesiapan petani/pekebun kegiatan peremajaan tanaman karet dengan pola tanam ” Sistem Usaha Tani Perkebunan Rakyat Diversifikasi Integratif” (SUPRADIN), bahwa sebagai peserta jika ikut dalam kegiatan tersebut berarti penanamannya dengan pola tanam SUPRADIN,” kata Suparmi.
Dari hasil pengamatan dilapangan terdapat tanaman karet yang rusak dan sudah waktunya untuk diremajakan dan produksi latek sangat rendah.” Untuk Kabupaten Banjar peremajaan tanaman karet ada tiga kelompok tani/pekebun, yaitu Poktan Bina Tani seluas 33 ha, Serumpun 47 ha dan Sinar Harapan 20 ha. Dari tiga kelompk tani/pekebun tersebut akan melaksanakan dengan pola tanam ganda,” pungkas Suparmi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here