Semarang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan  tentang kearsipan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), di Semarang, Senin (21/3/2022).

Bertempat di ruang rapat gedung perkantoran Dinas Arpus Provinsi Jateng lantai 2, rombongan disambut langsung Kepala Dinas Arpus Provinsi Jateng Edy Supriyanta ATD SH MM dan Sekretaris Arpus Jateng Sapta Hermawati SH MM bersama jajaran Dinas Arpus Jateng.

Kunjungan Dispersip Kalsel dipimpin langsung Kadispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie dalam rangka kaji banding ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pengelolaan arsip di Depo Arsip Pemprov Kalsel yang ada di Banjarbaru.

“Kami ingin mengetahui bagaimana pengelolaan arsip yang dari sifatnya aktif ke inaktif, serta sarana prasarana apa yang perlu dibutuhkan, sehingga bisa ditiru dan diaplikasikan di Depo Arsip Kalsel,” ujar Kadispersip Kalsel.

Menanggapi kunjungan rombongan dari Dispersip Kalsel, Kadis Arpus Jateng Edy Supriyanta mengucapkan terima kasih atas kunjungan ke Dinas Arpus Jateng.

“Kami berterima kasih atas kunjungan ini, dengan adanya kegiatan ini kami berharap masih ada kepeduliaan terhadap pengelolaan arsip, karena pengelolaan arsip tidak bisa instan tetapi harus berkelanjutan,” ujarnya.

Presentasi tentang selayang pandang Dinas Arpus Provinsi Jateng yang dipaparkan oleh Kabid Layanan dan Pemanfaatan Arsip Dinas Arpus Jateng Dipaparkan, di antara khazanah arsip yang dimiliki Dinas Arpus Jateng berasal dari arsip Karesidenan Semarang, arsip tweede waterstaat, dan arsip eks kanwil Departemen Penerangan Provinsi Jateng.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi gedung Depo Arsip melihat secara langsung teknis, sarana dan prasarana pengelolaan kearsipan di Dinas Arpus Jateng. Selanjutnya rombongan diarahkan menuju depo penyimpanan arsip inaktif, yaitu arsip dalam jangka waktu tertentu dapat dimusnahkan, dan depo penyimpanan arsip statis, yaitu arsip yang tidak dapat dimusnahkan.

Dengan adanya kegiatan studi banding ini, diharapkan kedua belah pihak dapat bekerjasama untuk bertukar informasi dan pengalaman dalam meningkatkan pengelolaan tentang kearsipan.

Setelah diterima di Depo Arsip Dinas Arpus Provinsi Jateng, Kadispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie berkesempatan bertemu langsung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantor Gubernur Jateng pada Selasa (22/3/2022) siang. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sempat berbincang dengan Kadispersip Kalsel dan mempersilakan Dispersip Kalsel mengkaji pengelolaan kearsipan di Dinas Arpus Jateng.

Kadispersip Kalsel mengatakan, tertarik pengelolaan kearsipan di Dinas Arpus Jateng karena dalam hal pengelolaan sudah canggih dan nomor dua se Indonesia. “Pengelolaan kearsipan di Jateng dua besar di Indonesia, contohnya saja penyimpanan arsip sudah sangat modern, didukung dengan fasilitas dan tenaga arsiparis yang memadai,” kata Nurliani Dardie. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here