PALEMBANG – Perhelatan akbar Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XI tingkat nasional Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI, di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), dibuka Ketua Dewan Pembina BKPRMI Pusat, Komjen Pol (Purn) Syafrudin, Jumat pagi (25/3), di Gedung Main Dinning Hall, Jakabaring, Palembang, Sumsel.
Pembukaan FASI XI tingkat nasional tahun 2022 ditandai penekanan tombol sirine oleh Ketua Dewan Pembina DPP BKPRMI, Komjen Polisi (Purn) Dr H Syafrudin bersama Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya, Ketua DPP BKPRMI H Said Aldi Al Indrus, Ketua DPW BKPRMI Sumsel, H Firdaus dan Ust Das’ad Latief.
Ketua Dewan Pembina DPP BKPRMI, H Syafrudin menyatakan bahwa FASI yang digelar setiap tiga tahun sekali merupakan miniatur Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional.
“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada Pemprov Sumsel yang telah memberikan kontribusi yang besar atas terselenggaranya FASI XI Palembang ini,” kata mantan Wakapolri itu.
Syafrudin yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu juga berharap melalui FASI ini akan mampu melahirkan anak anak yang berkualitas baca tulis Alquran dimasa mendatang.
Dipilihnya Sumsel sebagai tuan rumah pelaksanaan FASI XI tingkat nasional, kata Syafrudin, karena berdasarkan hasil riset Sumsel zerro buta huruf Alquran.
Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel,n H Mawardi Yahya juga menyampaikan aprisiasi dan terima kasih kepada DPP BKPRMI yang mempercayakan FASI XI di Palembang, Sumsel.
Pemprov Sumsel, kata Mawardi, menyiapkan hadiah tambahan sebuah mobil operasional bagi provinsi yang menjadi juara umum pada FASI XI.
Sebelumnya, dilakukan defile oleh 28 kontingen FASI ke XI se Indonesia, termasuk Kafilah Provinsi Kalimantan Selatan yang kompak dengan seragam berwana kuning dan kain sasirangan, serta turut didampingi oleh sejumlah pelatih, pendamping dan official.
Ketua Umum DPP BKPRMI, H Said Aldi Al Idrus menambahkan Dewan Pembina DPP BKPRMI akan memberikan hadiah tambahan berupa umroh untuk peserta terbaik atau juara I masing masing cabang lomba.
Said Aldi mengatakan melalui FASI ini katanya, diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang shaleh, dengan dimulai dari pembinaan generasi shaleh menjadi generasi unggulan yang penuh dengan implementasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.
FASI XI BKPRMI tingkat nasional yang diikuti 28 provinsi dengan 844 santri cilik TKA, TPA dan TQA serta TKA Plus mempertandingkan 19 cabang lomba, tetap menerapkan protokol kesehata ketat.
Pada FASI XI, DPP BKPRMI juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada sembilan kepala daerah dan tokoh masyarakat berupa anugerah FASI berupa Pin Emas, salah satunya Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS.
Pin emas tersebut disematkan Ketua Dewan Pembina DPP BKPRMI, Komjen Polisi (Purn) Dr H Syafrudin didampingi Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Tanya dan Ketua Umum DPP BKPRMI, H Said Aldi Al Idrus.
Pembukaan FASI ke XI tingkat nasional tahun 2022 ini, turut dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPW BKPRMI Prov. Kalsel, Drs H Hermansyah, MM, didampingi oleh Ketua Harian BKPRMI Kalsel Fahrurazi, dan sejumlah pengurus lainnya serta para pendamping dan official yang ikut terlibat dalam pelaksanaan FASI ke XI di Sumatera Selatan.
Herman berharap, FASI tingkat nasional ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya bagi kafilah FASI Kalsel. Dan, Ia pun berharap dapat memberikan hasil terbaik bagi banua.
“Kami juga berharap Kalsel kembali bisa mempertahankan sebagai juara umum dalam gelaran FASI ke sebelas tingkat nasional, kami mohon doa kepada masyarakat Kalimantan Selatan untuk kesuksesan kafilah FASI Kalsel,” pinta Hermansyah. ani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here