advertorial

Banjarbaru – Perwakilan pelajar dan mahasiswa Kalsel yang sedang menimba ilmu di sejumlah negara Timur Tengah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Mereka senang mendapatkan bantuan dana pendidikan untuk menimba ilmu yang dianggarkan Pemprov Kalsel sejak Tahun 2021 lalu.

“Para pelajar dan mahasiswa Kalsel di sana telah menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atas bantuan dana pendidikan yang mereka terima, mereka titip pesan itu kepada kami dan itu sudah kami sampaikan langsung kepada Gubernur Kalsel,” ujar Irwan Afiaddin, Kabag Kesra Pelayanan Dasar Biro Kesra Kalsel, Rabu (30/3/2022). 

Menurut Irwan, Gubernur Kalsel telah menginstruksikan untuk menganggarkan bantuan pendidikan bagi para pelajar dan mahasiswa Kalsel yang  sedang menimba ilmu di berbagai negara timur tengah seperti negara Yaman, Universitas Al Azhar Mesir, dan Arab Saudi. “Kalsel memiliki masyarakat yang religius sehingga banyak para orang tua yang mengirim anaknya menimba ilmu agama di berbagai negara timur tengah,” katanya.

“Berangkat dari situlah kemudian Gubernur Kalsel membuat terobosan untuk memberikan bantuan dana pendidikan sekaligus wujud kepedulian beliau terhadap para pelajar dan mahasiswa Kalsel yang sedang menimba ilmu di timur tengah,” katanya.

Para pelajar dan mahasiswa Kalsel di sana menyambut baik bantuan tersebut dan menitipkan pesan ucapan terima kasih kepada Paman Birin. Adapun nominal bantuan sebesar Rp 25 juta per orang.

“Dimulai sejak tahun anggaran 2021 dengan anggaran Rp 1,25 M untuk 50 orang pelajar dan mahasiswa, kemudian tahun 2022 ini berlanjut sesuai arahan Gubernur Kalsel,” kata Irwan Afiaddin.

Karena banyaknya minat, pihak Biro Kesra Kalsel melakukan seleksi penerima bantuan pendidikan.  “Diutamakan bagi mereka yang membutuhkan dan kehidupan sosial keluarganya,” kata Irwan.

Adapun syarat mendapatkan bantuan pendidikan, pertama mereka sedang belajar di timur tengah, ada transkrip nilai, kartu pelajar atau mahasiswa, serta laporan prestasi belajar.

“Arahan Paman Birin, Pemprov Kalsel akan terus mengupayakan bantuan pendidikan bagi para pelajar dan mahasiswa Kalsel di timur tengah terus berlanjut,” pungkas Irwan Afiaddin. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here