1 Ramadhan 1443 H Jatuh Pada Minggu 3 April

0
260

Banjarmasin – Kementerian Agama melalui Sidang Isbat di Jakarta menetapkan satu ramadhan 1443 H jatuh pada minggu 3 April 2022. Hal ini setelah dilakukan pemantauan Rukyatul Hilal oleh  tim gabungan dari seluruh Indonesia.

Salah satunya di Kalimantan Selatan khususnya daerah yang wilayahnya di pinggir laut, seperti Kotabaru, Tanah Bumbu dan Tanah Laut hingga Hulu Sungai Selatan, termasuk di kota Banjarmasin, dilakukan pemantauan Hilal dengan teleskop di lantai 8 gedung Bank Kalsel pada jumat (1/4/2022) petang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, H Noor Fahmi, mengatakan, dari pemantauan posisi Hilal berada di bawah dua derajat, itu artinya tidak masuk berdasarkan kriteria Imkanur Rukyat MABIMS yang menjadi panutan negara negara asean bahwa posisi hilal adalah minimal 3 derajat.

“Minimal 3 derajat, sedangkan estimasi yang kita lihat tadi di bawah dua derajat, jadi potensinya hilal tidak terlihat, tapi alangkah baiknya kita tetap mengikuti keputusan pemerintah pusat,” katanya  

Kendati demikian Muhammadiyah telah menentukan lebih dahulu bahwa 1 ramadhan 2022 jatuh pada hari esok, sabtu 2 april 2022. Berdasarkan maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022  pimpinan pusat Muhammadiyah.

“Jika pun ada beda awal ramadan, sudah semestinya kita mengedepankan sikap saling menghormati agar tidak mengurangi kekhusyukan dalam menjalani ibadah puasa,” Jelas Noor Fahmi. (DIY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here