Lemhanas RI Bakal Dialog Kebangsaan Di Kalsel

0
111

BANJARBARU – Bekerjasama dengan Pemprov Kalsel, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI menggelar rapat koordinasi awal pelaksanaan talkshow dan sosialisasi/dialog wawasan kebangsaan Lemhannas RI di Iberani Sulaiman, Setdaprov Kalsel, Selasa (12/4).

Usai memimpin rapat, Direktur Sosialisasi dan Media Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Kedeputian Taplai Lemhannas RI, Laksma TNI Ir. Christianto Purnawan mengatakan, akibat dari tansformasi digital saat ini, berdampak pada perubahan era disrupsi (inoviasi) yang sangat cepat. Terlebih pemerintah saat ini ingin menyiapkan “Indonesia Emas” tahun 2045 nanti.

Sehingga dalam dialog yang akan dilaksanakan di Kota Banjarmasin pada 10-13 Mei mendatang tersebut, pihaknya akan menghadirkan 100 orang peserta dari organisasi masyarakat, mahasiwa, dan pemuda.

“Kita sadar bahwa anak muda ini kan pemilik masa depan. Anak muda ini juga kan biasanya berkecimpung dengan gadget, nah tugas kita mengingatkan bahwa masa depan milik mereka. Seperti kemajemukan, kebhinekaan, sehingga bangsa kita tetap berdiri tegak sebagaimana cita-cita pendiri bangsa,” ucapnya.

Dalam dialog tersebut, Lemhannas RI bersama dengan Pemprov Kalsel, ingin mensosialisasikan penerapan Pancasila dalam berkehidupan sehari-hari.

“Jadi tidak hanya hafal Pancasila, tetapi dapat mengimplementasikannya di kehidupan sehari-hari agar meningkatkan kualitas mereka dalam bermasyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Sulkan menyambut baik terkait rencana dialog wawasan kebangsaan oleh Lemhannas RI ini.

Menurutnya, menjadi sebuah kesempatan bagi seluruh pemangku kepentingan di Kalsel. Selain itu, dialog ini juga dapat dijadikan sebagai ruang dan kesempatan bagi seluruh pemangku kepentingan di tingkat nasional agar mengetahui kondisi, dinamika sosial, serta keragaman yang dimiliki Kalsel.

“Dialog wawasan kebangsaan nanti harus bisa kita laksanakan sebaik-baiknya, sebagai wujud nyata kecintaan dan komitmen Kalimantan Selatan, yang setia terhadap Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kesbangpol Kalsel, Heriansyah mengaku berterimakasih atas kepercayaan Lemhannas RI yang telah menjadikan Kalsel sebagai tuan rumah dalam penyampaian sosialisasi nilai-nilai kebangsaan ini.

“Melalui rapat  koordinasi ini, diharapkan dapat memperkuat kesiapan masing-masing pihak, demi menjamin kelancaran pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan nanti,” harapnya.(SYA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here