Musrenbang RKPD Kalsel 2023, Paman Birin Instruksikan Pembangunan Berdampak Ke Masyarakat

0
129

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun rencana 2023. 

Kegiatan Musrenbang berlangsung  di gedung Idham Chalid Setdaprov Kalsel, pada Rabu (13/4). Musrenbang RKPD 2023 ini dibuka langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin.

Dalam sambutannya, Sahbirin menekankan kepada Kepala Daerah di Kalsel  maupun unsur pimpinan SKPD Pemprov agar dapat menyusun perencanaan pembangunan secara terpadu dan terintegrasi. Tentunya dengan mempertimbangkan berbagai aspek, terutama yang berkaitan dengan penyesuaian ketersediaan anggaran dan dampaknya bagi masyarakat. 

“Pastikan bahwa prioritas pembangunan berpihak untuk rakyat, baik disektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, inrastruktur, maupun sektor lainnya yang berhubungan dengan hajat hidup rakyat,” tegasnya. 

Sahbirin menyebut, ketergantungan terhadap sektor pertambangan, membuat perekonomian Kalsel cukup rentan dengan pengaruh ekonomi global. 

Disisi lain, lanjutnya, perekonomian di dunia dan di daerah manapun saat ini, sedang mengalami tantangan yang berat akibat pandemi. 

“Tahun depan kita memerlukan kegiatan, yang sifatnya memulihkan kondisi sosial ekonomi, pasca berakhirnya pandemi,” ucapnya. 

Selain itu, pengusaha pelaku UKM juga harus mendapat perhatian, agar dapat bangkit dari keterpurukan akibat pandemi yang melanda dunia saat ini. 

“Latih dan didiklah SDM kita agar memiliki kemampuan bersaing dengan daerah lain, sehingga Kalsel sebagai gerbang IKN dapat kita siapkan dengan baik,” pesannya. 

Di tempat sama, Ketua DPRD Kalsel, Supian HK mengaku siap mendukung upaya pemerintah dalam membangkitkan kembali ekonomi pasca pandemi. 

“Pemerintah tidak lepas dari keberhasilan DPRD, sebaliknya DPRD juga tidak lepas dari keberhasilan pemerintah,” ucapnya. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here